Pensiunan Karyawan Sucofindo Medan Gelar Aksi Damai Protes Pengurangan Hak-Hak Pensiun

  • Bagikan

MEDAN, ( Waspada) ; Puluhan pekerja Purna Bhakti PT Sucofindo Cabang Medan, pada Selasa (30/11/2021) menggelar aksi unjuk rasa damai di halaman Kantor BUMN tersebut Jalan Gatot Subroto Medan.

Aksi tersebut digelar untuk memprotes pengurangan bahkan penghilangan hak hak para tenaga purna bhakti dari BUMN tersebut.

Kordinator Lapangan Faisal, Ketua Forum Karyawan Purnabhakti PT Sucofindo Cabang Medan Indra Amri dan pensiunan karyawan lainnya Haryadi dalam orasinya senada membeberkan aksi yang juga berlangsung serentak di seluruh kantor cabang PT Sucofindo di berbagai kota besar di Indonesia untuk memprotes sekaligus untuk meminta supaya hak hak para pensiunan karyawan yang dipangkas bahkan dihilangkan oleh direksi BUMN tersebut supaya dikembalikan dan dipulihkan.

Adapun hak karyawan yang dihilangkan di antaranya pemangkasan pembayaran hak pensiun atau jaminan hari tua (JHT) yang kepesertaannya seumur hidup dipangkas menjadi hanya sekitar 10-13 tahun pascapensiun.

Kemudian, hak kepesertaan kepada janda/duda dan anak yatim piatu serta penaikan kesejahteraan sebesar 5 persen setiap tahun secara kumulatif dihilangkan dan lainnya.

Dalam orasi tersebut para orator menyebutkan adapun salah satu sumber masalah atau penyebab pemotongan dan pengurangan hak tersebut terkait dengan masalah skandal megakorupsi yang terjadi di internal PT Asuransi Jiwas Raya (Persero).

“Kami sebagai pensiunan karyawan yang telah berbakti dan ikut membesarkan PT Sucofindo mengharapkan kepada direksi supaya mengembalikan hak hak pensiun yang sudah kami terima selama ini,” sebut mereka senada yang disambut yel yel “Hidup Sucofindo” oleh peserta aksi yang sebagian merupakan janda dan duda purnabhakti dari PT Sucofindo Medan.

Pada aksi tersebut mereka menegaskan, tuntutan tersebut merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar tawar.

Salah seorang orator yang juga Korlap Faisal dalam orasinya secara terbata bata dengan suara terisak menahan sedih saat menyampaikan tuntutan dan aksi para karyawan pensiunan tersebut.

Aksi yang ditandai dengan membentangkan spanduk berisi tuntutan dan aspirasi karyawan dikawal aparat kepolisian dari Polsek Sunggal.

Pada kesempatan itu Kepala Cabang PT Sucofindo Cabang Medan Limlim Abdul Halim menyambut dan menampung aspirasi para pensiunan.

Dia berjanji akan merenruskan aspirasi tersbut kepada pimpinan pusat PT Sucofindo.

Seusai menggelar aksi perwakilan karyawan menyerahkan tuntutan para karyawan diterima Kepala Cabang Limlim Abdul Halim didampingi pejabat lainnya.(m28)

Serahkan Tuntutan

Ketua Forum Karyawan Purnabhakti PT Sucofindo Cabang Medan Indra Amri didampingi Korlap Faisal menyerahkan butir butir tuntutan para pensiunan Karyawan diterima Kepala Cabang Limlim Abdul Halim.(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *