Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Hendra DS Dorong Kelurahan Buat Bank Sampah

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Bank Sampah menjadi sarana bagi warga untuk memanfaatkan sampah dengan baik. Apalagi, tidak sedikit warga yang sudah berhasil memanfaatkan sampah sehingga menghasilkan uang.

Atas dasar itulah, anggota DPRD Kota Medan dari Dapil IV, Hendra DS berkomitmen untuk selalu mendorong Kepala Lingkungan (Kepling) dan Lurah untuk membentuk bank sampah di wilayahnya masing- masing.

Hal itu diungkapkan Hendra DS saat mensosialisasikan Perda Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Jalan Jermal XI, Kelurahan Denai, Kecamatan Medan Denai, Sabtu (4/12).

“Inilah kenapa saya selalu mendorong Kepling hingga lurah untuk membentuk bank sampah di wilayahnya, dengan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Karena, manfaat bank sampah ini besar sekali,” jelas Anggota Komisi IV DPRD Kota Medan itu.

Ketua Fraksi HPP DPRD Medan ini, menambahkan seandainya saja masyarakat sadar bahwa sampah yang selama ini dianggap jijik, tapi sekarang bisa menjadi uang. Terlebih lagi, di masa pandemi Covid-19, bank sampah itu bisa membantu perekonomian warga.

“Contoh, bila sudah terbentuk kelompok warga dan dalam satu hari kelompok warga itu bisa mengumpulkan sampah kertas, plastik dan lainnya. Bila satu hari saja bisa mengumpulkan satu kilogram sampah dalam sehari, berarti dalam satu bulan bisa 30 kilogram,” ujarnya.

Terkait bank sampah itu, Hendra DS menambahkan bahwa Pemko Medan berkewajiban menggelar pelatihan pengelolaan sampah kepada warga. Hal itu sesuai dengan pasal 13 Perda Nomor 6 Tahun 2015.

“Kita juga mendorong Pemko Medan untuk memaksimalkan infrastruktur pengelolaan sampah, seperti menambah jumlah truk sampah, becak sampah dan lainnya. Apalagi, anggaran Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) tahun 2022 itu sebesar Rp 496,6 miliar lebih,” kata Hendra DS.

Hendra DS mengharapkan agar kesadaran masyarakat meningkat untuk menjaga kebersihan lingkungannya masing- masing. Caranya, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Daripada sampahnya dibuang sembarangan, lebih baik sampahnya dipilah dan disetor ke bank sampah. Saya berharap, kita bisa meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan kita masing- masing,” pungkasnya.

Sementara itu, Lurah Denai, Zulfanuddin mengaku senang karena Hendra DS mau menggelar Sosialisasi Perda (Sosper) Pengelolaan Persampahan di Kelurahan Denai.

“Semoga kita semua lebih sadar lagi untuk tidak membuang sampah sembarangan, sehingga kelurahan kita bisa jadi lebih bersih lagi,” paparnya. (h01)

Teks
Anggota DPRD Kota Medan,Hendra DS saat mensosialisasikan Perda Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Jalan Jermal XI, Kelurahan Denai, Kecamatan Medan Denai, Sabtu (4/12). Waspada/Yuni Naibaho

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *