Waspada
Waspada » Pengurus MUI Sumut 2020-2025 Dikukuhkan
Medan

Pengurus MUI Sumut 2020-2025 Dikukuhkan

GUBSU H Edy Rahmayadi bersama Wakil H Musa Rajekshah foto bersama Sekjen MUI Pusat Dr H Amirsyah Tambunan, MA, Ketua Umum MUI Sumut, Dr H Maratua Simajuntak, Sekretaris Umum Prof Dr H.Asmuni dan Ketua Dewan Pertimbangan, Prof Dr Abdullah Syah MA. Pengurus MUI Sumut masa khidmat 2020-2025 dikukuhkan, Kamis (11/2). Waspada/Anum Saskia
GUBSU H Edy Rahmayadi bersama Wakil H Musa Rajekshah foto bersama Sekjen MUI Pusat Dr H Amirsyah Tambunan, MA, Ketua Umum MUI Sumut, Dr H Maratua Simajuntak, Sekretaris Umum Prof Dr H.Asmuni dan Ketua Dewan Pertimbangan, Prof Dr Abdullah Syah MA. Pengurus MUI Sumut masa khidmat 2020-2025 dikukuhkan, Kamis (11/2). Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada): Pengurus Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara (MUI Sumut) masa bakti 2020-2025 dikukuhkan Kamis (11/2) oleh Sekjen MUI Pusat Dr H Amirsyah Tambunan, MA.

Hadir Gubsu  H Edy Rahmayadi bersama Wakil H Musa Rajekshah dan para undangan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Adapun pengurus yang dikukuhkan Ketua Umum Dr H Maratua Simajuntak,  Wakil Ketua Umum Dr H Arso, SH, MAg, Wakil Ketua Umum, Dr H Asren Nasution, MA, Wakil Ketua Umum, Dr H Ardiansyah, Lc MA,
Sekretaris Umum, Prof Dr H.Asmuni, MA dan  Bendahara Umum Drs H Sotar Nasution, MHB serta Ketua-ketua Komisi.

Dalam arahanya, Sekjan MUI Pusat Dr H Amirsyah Tambunan, MA, mengingatkan agar pengurus MUI Sumut yang dilantik menjadi pelopor keteladanan dalam mengubah situasi dan kondisi serta mempunyai peran strategis sebagai garda terdepan untuk menjaga stabilitas kondisi masyarakat Indonesia.

Selain itu, kata dia MUI yang bermitra dengan pemerintah diharapkan menemukan solusi dari permasalahan umat serta mendorong kemajuan ekonomi dari sektor syariah.

Amirsyah Tambunan menegaskan perlunya penguatan antara ulama dan umara dalam turut serta menciptakan suasana damai di tengah berbagai macam persoalan bangsa.

Sedangkan Ketua Umum MUI Sumut, Dr H Maratua Simajuntak dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa MUI Sumut siap bermitra dengan pemerintah.

“Program MUI ke depan selain membangun sinergi dengan pemerintah terus berkomitmen untuk menciptakan kondisi yang aman dan sejuk. MUI akan terus menjaga ukhuwah Islamiah dan ukhuwah wathoniyah dan sebagai khdimul ummah,” katanya.

Dia menjelaskan dirinya bukan menggantikan Ketua yang lama, tetapi meneruskan kepemimpinan dan melanjutkan estafet program keumatan dalam rangka mewujudkan rencana umara menjadikan Sumut bermartabat.

Ulama Bimbing Umara

Gubus  H Edy Rahmayadi dalam pidatonya mengingatkan agar ulama bisa membimbing ulama. Karenanya, umara yang meminta nasehat kepada ulama, sehingga umara yang mendatangi ulama bukan sebaliknya.

“Jadi umara harus bergandeng tangan dengan ulama dalam untuk memajukan umat,” katanya.

Saat pengukuhan berlangsung, nama yang dipanggil maju ke depan untuk dikukuhkan berbeda dari hasil Musda yang berlangsung pada Desember lalu, di mana Dr Asren dipilih sebagai Sekretaris. Namun saat pengukuhan berlangsung, namanya tercantum sebagai Wakil Ketua Umum.

Terkait hal ini, DP MUI Pusat telah mengirimkan suratnya pada 27 Januari lalu dengan keputusan Nomor Kep-165/DP-MUI/I/2021. Yang menjelaskan, sebagaimana dimaklumi bahwa MUI Sumatera Utara telah menyelenggarakan Musyawarah Daerah IX pada 3-5 Jumadil Awal 1442 H/ 18-20 Desember 2020 bertempat di Hotel Santika Dyandra Medan.

Keputusan Musda IX MUI Sumut memilih dan membentuk tim formatur secara musyawarah yang terdiri atas 13 orang dari perwakilan perwakilan, dan secara aklamasi terpilihlah Dewan Pertimbangan dan Dewan pimpinan harian yang dipimpin oleh Dr H Maratua Simanjuntak sebagai Ketua Umum terpilih dan Dr. Asren Nasution sebagai Sekretaris Umum terpilih.

Namun  penerbitan SK dari MUI Pusat tertunda disebabkan adanya aturan yang melarang pimpinan yang duduk di jabatan Ketua Umum, Sekretaris Umum, dan Bendahara Umum merangkap jabatan baik di eksekutif, maupun di kepengurusan MUI lainnya.

Untuk itu terjadi perubahan yang sebelumnya Dr  Asren Nasution sebagai Sekretaris Umum diganti dengan Prof  Dr  H  Asmuni, MA sementara Dr  Asren menempati posisi Wakil Ketua Umum.(m22)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2