Waspada
Waspada » Pengendara Diimbau Patuhi Lalulintas Sejak Dini
Medan

Pengendara Diimbau Patuhi Lalulintas Sejak Dini

PERSONEL Satlantas Polrestabes Medan saat melakukan pengamanan pemasangan kamera CCTV yang akan dipergunakan untuk ETLE di Kota Medan. Pengendara diimbau patuhi lalulintas sejak dini. Waspada/Ist
PERSONEL Satlantas Polrestabes Medan saat melakukan pengamanan pemasangan kamera CCTV yang akan dipergunakan untuk ETLE di Kota Medan. Pengendara diimbau patuhi lalulintas sejak dini. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Satlantas Polrestabes Medan mengimbau kepada warga masyakarat terutama pengendara agar mematuhi peraturan arus lalu lintas sejak dini sebelum launching ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement), Rabu 28 April 2021.

“Pengendara sepedamotor dan mobil harus memakai helm, memakai sealt belt, tidak menggunakab Hp saat berkendara, membawa SIM dan surat kenderaan,’ kata Kasat Lantas melalui Wakasat Kompol Edward Saragih, Kamis (15/4).

Selain itu, pengendara juga tidak menerobos lampu merah, agar keselamatan semua pengguna jalan dapat terjamin.

Imbauan ini disampaikan Satlantas Polrestabes Medan sebelum diberlakukan pelaksanaan Launching ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) pelanggaran Lalu Lintas yang dilihat oleh Kamera.

ETLE adalah sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas yang berbasis teknologi informasi dengan menggunakan kamera kemudian terdata secara langsung untuk menindak pelanggar lalu lintas.

Dijelaskan Wakasat, saat ini sudah terpasang satu kamera CCTV yang terpasang di Merdeka Walk. “Masih satu titik yang terpasang,” katanya sambil menambahkan nantinya Launcing langsung dari Kor Lantas Polri untuk ETLE di Kota Medan.

Menurut Wakasat, Minggu 11 April 2021 s/d Selasa 27 April 2021, Satlantas Polrestabes Medan akan melaksanakan giat sosialisasi kepada masyarakat.

“Baru, Rabu 28 April 2021, Launcing ETLE Polda Sumut dari Kor Lantas Polri,” jelas Edward.

Disinggung bagaimana cara kerja ETLE, Edward menjelaskan, kalau ada pengendara yang melanggar Marka jalan, tidak menghidupkan lampu kendaraan, tidak memakai helm atau pengendara mobil yang tidak memakai sabuk pengamanan bisa di foto melalu kamera CCTV yang sudah terpasang.

“Dari kamera CCTV itu nanti bisa diketahui apa pengendara tidak mematuhi peraturan lalu lintas dan bisa di foto zoom nomor polisi kendaraan, si pengendara mobil yang tidak memakai sabuk pengamanan,” jelasnya.

Antarkan Tilang

Selanjutnya, CCTV yang terpusat di Dirlantas Poldasu akan mengecek kendaraan tersebut milik siapa Setelah itu nanti petugas Pos yang akan mengantarkan tilang tersebut ke rumah pemilik kendaraan yang terkena tilang,” jelasnya.

Untuk pembayaran tilang ETLE ini lanjutnya, bisa di Ditlantas atau melalui bank. “Jadi untuk sementara ini yang akan di pasang kamera CCTV ETLE di depan Merdeka Walk,” kata Wakasat Kompol Edward Saragih.

Untuk itu lanjutnya, diimbau kepada warga masyarakat terutama pengendara sepedamotor dan mobil di Kota Medan agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas. (m25)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2