Pengajian Panggabean Genap 30 Tahun

Pengajian Panggabean Genap 30 Tahun

  • Bagikan
Dr Lukman Hakim bersama AR Panggabean, Sekum Pengajian Panggabean. Waspada/Ist
Dr Lukman Hakim bersama AR Panggabean, Sekum Pengajian Panggabean. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Ustadz Dr Lukman Hakim menyebutkan, saat ini ada 3 kemiskinan yang berbahaya dalam hidup di dunia ini. Kemiskinan itu harus dihindari oleh manusia. Ketiga hal itu ialah miskin agama, miskin akal dan miskin rasa malu.

                                             

“Ada 3 kemiskinan yang berbahaya dalam hidup di dunia ini. Kemiskinan itu harus dihindari oleh manusia. Ketiga hal itu ialah miskin agama, miskin akal dan miskin rasa malu. Kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat tergantung pada dekatnya dengan agama. Jika sebuah keluarga jauh dari nilai-nilai agama maka kehidupannya akan hancur,” ujar Dr Lukman Hakim pada Pengajian Panggabean Boru dan Bere Medan Sekitarnya, Minggu (20/9) di Perumahan Oma Deli, Marendal II, Kota Medan.

Menurut Ustadz Lukman Hakim, jika sebuah keluarga jauh dari agama, maka lebih mudah stress dalam menjalani kehidupan. Rumus agar hidup tidak stress antara lain qolbun syakiran (hati yang selalu bersyukur) dan lisan dzakiran (lisan yang selalu berzikir), berkumpul dengan orang sholeh serta terus menuntut ilmu.

Hal itu pulalah yang menjadi landasan pengajian Panggabean boru berena. Sebagaimana diungkapkan oleh Ketua Pengajian Ir Sinar Irwansyah Panggabean MT, didampingi Sekretaris Umum AR Panggabean dan Bendahara Diana Panggabean SE.

“Pengajian ini selain sarana silaturahim sesama keluarga besar juga merupakan wadah untuk menuntut ilmu dengan mendengarkan tausiyah dari Ustadz,” ujar Irwansyah.

Sementara itu, AR Panggabean yang merupakan Sekretaris Umum menjelaskan pengajian Panggabean sudah berlangsung selama hampir 30 tahun dan sarana menjalin silaturrahmi.

“Pengajian ini didirikan oleh Haji Sotar Duga Panggabean pada tahun 1982. Kala itu, dimulai di Jl. Suryo Medan. Bapak Haji Sotar Duga baru saja wafat beberapa waktu yang lalu,” ujarnya.

Pengajian yang dilaksanakan setiap sebulan ini berusaha merangkul sesama marga Panggabean agar dapat aktif mengikuti pengajian dan sarana silaturahim antar sesama keturunan raja Panggabean.

Usai pengajian yang diadakan di rumah Nurramlah boru Panggabean itu diinformasikan pula untuk keluarga Panggabean untuk bisa mengikuti vaksinasi di Pesantren yang dipimpin oleh Ustadz Lukman Hakim di Jl. Makmur Pasar VII Tembung pada Kamis mendatang. (m27)

Waspada/Ist

Dr Lukman Hakim b2wersama AR Panggabean, Sekum Pengajian Panggabean.

  • Bagikan