Penangkapan Perampok Toko Emas, Layak Diapresiasi

Penangkapan Perampok Toko Emas, Layak Diapresiasi

  • Bagikan
KAPOLDA Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak (kanan) saat menjelaskan penangkapan pelaku perampokan toko emas. Waspada/Ist
KAPOLDA Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak (kanan) saat menjelaskan penangkapan pelaku perampokan toko emas. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Penangkapan perampok toko emas adalah kinerja jajaran Polda Sumatera Utara yang pantas diapresiasi. Polisi didorong untuk tetap menjaga performanya, bahkan meningkatkannya, tidak saja dalam kasus-kasus besar, namun dalam semua kasus dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

“Karena respons cepat pihak polisi melakukan pengejaran dan penangkapan, makanya para perampok toko emas itu bisa segera ditangkap. Ini adalah sebuah prestasi yang layak mendapatkan apresiasi,” ujar Dr Dedi Sahputra, MA dosen Fisipol Universitas Medan Area (UMA), Sabtu (18/9).

Menurutnya semua pihak layak mendukung Polda Sumut untuk terus meningkatkan performanya, termasuk dalam kasus-kasus yang tidak menjadi sorotan publik. “Dengan kinerja seperti ini maka tingkat kepercayaan dan tingkat dukungan masyarakat akan semakin tinggi terhadap jajaran Polda Sumut,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan saat ini penyidik masih mengembangkan penangkapan lima pelaku perampokan Toko Emas Aulia Chan dan Toko Emas Masrul F, di Pasar Simpang Limun, Jalan SM Raja Medan.

“Kasus tersebut terus dikembangkan karena satu unit dari dua unit sepeda motor yang digunakan pelaku merampok toko emas telah dijual,” ujar Panca saat wawancara dengan wartawan, di Mapolda, Rabu.

Ia menyebutkan penyidik terus mengembangkan kasus penjualan sepeda motor tersebut. “Kita akan terus mencari siapa penadah (pembeli) sepeda motor hasil curian itu.Sepeda motor tersebut merupakan hasil kejahatan pencurian yang dilakukan H,” ujarnya.

Sebelumnya, Personel Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) meringkus lima pelaku perampokan bersenjata terhadap dua toko emas, yaitu Aulia dan Masrul F, di Pasar Simpang Limun, Jalan SM Raja Medan, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan.

Kelima pelaku yang ditangkap adalah H, 38, warga Jalan Paluh Kemiri Lubuk Pakam, P, 32, warga Jalan Menteng VII Medan Denai, F, 21, warga Jalan Garu I Medan Amplas, PG, 26, warga Medan Johor, dan D, 28, warga Medan.

Pada saat dilakukan prarekonstruksi, salah seorang pelaku perampokan, yakni H mencoba melawan petugas sehingga dilakukan tindakan tegas dan akhirnya meninggal dunia.

Peristiwa perampokan dua toko emas, yaitu Toko Emas Aulia Chan dan Toko Emas Masrul F, di Pasar Simpang Limun, Jalan SM Raja Medan, Kecamatan Medan Kota, Kamis (26/8). Para pelaku yang menggunakan dua unit sepeda motor berhasil menggasak emas 6,8 kg dari dua toko emas tersebut. Sebelum meninggalkan TKP, pelaku H sempat menembak seorang juru parkir atas nama Julius yang mencoba menghalangi aksi perampokan tersebut.(m05)

  • Bagikan