Waspada
Waspada » Pemprovsu Perlu Siapkan Rp1 Triliun Atasi Covid-19
Medan

Pemprovsu Perlu Siapkan Rp1 Triliun Atasi Covid-19

KETUA Fraksi Gerindra DPRD Sumut, Ari Wibowo SH. Pemprovsu perlu siapkan Rp 1 T atasi pandemi Covid-19. Waspada/Humas DPRD Sumut
KETUA Fraksi Gerindra DPRD Sumut, Ari Wibowo SH. Pemprovsu perlu siapkan Rp 1 T atasi pandemi Covid-19. Waspada/Humas DPRD Sumut

MEDAN (Waspada): Pemprovsu Perlu Siapkan Rp1 Triliun Atasi Covid-19, yang kini sudah masuk kategori emergency (gawat darurat).

“Pemprovsu Perlu Siapkan Rp1 Triliun Atasi Covid-19, karena situasinya sudah berada dalam kondisi emergency (gawat darurat), ” kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumut, Ari Wibowo SH, menjawab wartawan di Medan, Minggu (5/4).

Dijelaskan, dengan estimasi sebesar itu, masyarakat diharapkan memperoleh perlindungan kesehatan dan kebutuhan pokok sehari-hari yang memadai.

Diakui, anggaran melindungi masyarakat dari pandemi Covid-19 sangat besar, dan sangat mungkin berbagai program pembangunan akan tertunda.

“Karena anggarannya diproyeksinya akan diambil dari pergeseran dana di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprovsu,” katanya.

Ini menyikapi langkah refocusing atau pergeseran anggaran OPD di lingkungan Pemprovsu, yang nantinya akan dilokasikan untuk mengatasi pandemi Corona.

Demi penyelamatan dari wabah covid 19, lanjut Ari Wibowo, tidak masalah jika dilakukan pergeseran anggaran OPD, yang konsekuensinya tentu program pembangunan di Sumut jelas tertunda.

“Fraksi Gerindra mendukung langkah yang diambil Pemprovsu, karena kita sangat membutuhkan anggaran cukup besar untuk mengatasi penyebaran Covid 19 di daerah ini,”

500 M

Sekdaprovsu R Sabrina mengatakan, Pemprovsu telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 miliar untuk penanganan wabah corona virus (covid-19) di Sumut.

Anggaran itu ditarik dari hasil refocusing alokasi anggaran masing-masing OPD yang tertuang dalam APBD tahun 2020.

Hal itu ditegaskan Sabrina kepada Plt Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo, dan Dirjen Keuangan Daerah, lewat teleconference terkait perkembangan penanganan virus corona (covid-19) di Sumut, akhir pekan lalu.

Namun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumut membutuhkan anggaran penangananan pandemi ini sebanyak Rp 825 miliar.

Menanggapi hal tersebut, Ari Wibowo menyatakan, DPRD Sumut melalui badan anggaran, terutama dari Fraksi Gerindra siap mendukung kekurangan anggaaran yang dibutuhkan. “Gerindra siap membahasnya bersama eksekutif,” ujar Ari.

Terkait anggaran yang dialokasikan untuk Covid-19, Ari Wobowo mewanti-wanti, agar benar-benar digunakan sesuai kebutuhan tepat guna dan tepqt sasaran.

“Kita mengingatkan agar jangan ada yang mencoba memanfaatkan kesempatan dalam situasi bencana covid yang pandemi. KPK jauh-jauh hari juga sudah mengingatkan agar tidak menyelewengkan anggaraan penanganan covid,” ujarnya lagi. (cpb)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2