Waspada
Waspada » Pemerintah Harus Pastikan PTM Bulan Juli
Medan

Pemerintah Harus Pastikan PTM Bulan Juli

PEMBELAJARAN Tatap Muka. Pemerintah harus pastikan PTM bulan Juli. Ilustrasi
PEMBELAJARAN Tatap Muka. Pemerintah harus pastikan PTM bulan Juli. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Pemerintah harus pastikan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) akan berlangsung secara serentak di bulan Juli mendatang, sesuai putusan Mendikbud Nadiem Makarim.

“Ya harus tegas dan berani. Mendikbud sudah sampaika’ PTM dapat dimulai, maka perlu didukung dan semua sekolah harus persiapkan diri,” kata Pengamat Pendidikan Sumut, Ali Nurdin, MA, Senin (22/3).

Kata dia, dalam ketetapan PTM hendaknya tidak ada lagi istilah zona merah, zona hijau, putih, hitam dan sebagainya.

“Yang menjadi pertimbangan mungkin penerapan Protokol kesehatan yang ketat dimana belum semua sekolah mampu menyiapkan perangkat dari atas ke bawah karena berkaitan dana dan pembiayaan sementara dana BOS terkadang tidak tepat waktu,”ungkapnya.

Ditambahkannya, keraguan pemerintah juga disebabkan adanya pernyataan-pernyataan yang menggiring opini masyarakat mengenai konsekwensi yang bakal ditanggung bila sekolah tatap muka dibuka. Persoalan yang disampaikan dan dikhawatirkan tidak akan selesai, bila tidak dicarikan solusi yang tepat.

“Bila pemerintah tidak menentukan sikap yang jelas dan tegas dalam hal pembelajaran tatap muka, maka Kemendikbud dianggap tidak mampu mengelola pendidikan. Maka, sekolah yang sulit masa Pandemi Covid-19 ini akibat tidak adanya PTM akan makin terpuruk, “pungkasnya.(m22).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2