Waspada
Waspada » Pelayanan Berkualitas Kepada Masyarakat Harus Diprioritaskan
Medan

Pelayanan Berkualitas Kepada Masyarakat Harus Diprioritaskan

PESERTA Pelatihan Pendampingan Dan Evaluasi Program Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik Lantamal I TA. 2020 sedang menerima paparan dari Tim Spotmar Mabesal. Pelayanan berkualitas kepada masyarakat harus diprioritaskan. Waspada/Ist
PESERTA Pelatihan Pendampingan Dan Evaluasi Program Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik Lantamal I TA. 2020 sedang menerima paparan dari Tim Spotmar Mabesal. Pelayanan berkualitas kepada masyarakat harus diprioritaskan. Waspada/Ist

BELAWAN (Waspada):  Sesuai tuntutan reformasi birokrasi di semua bidang, pelayanan berkualitas kepada masyarakat  harus diprioritaskan.

“Pelayanan berkualitas kepada masyarakat harus diprioritaskan, karena publik menginginkan pelayanan yang baik,” kata Komandan Lantamal I, Laksamana Pertama TNI, Abdul Rasyid K, SE, MM.

Hal ini disampaikan Danlantamal I Belawan dalam sambutan yang dibacakan Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadanlantamal) I Kolonel (PM) Samista SH pada acara pelatihan dan sosialisasi di Belawan, Selasa (10/3).

Wadanlantamal I didampingi  Ketua Tim dari Staf Potensi Maritim (Spotmar) Mabes AL.

Acara bertemakan Pelatihan, Pendampingan dan Evaluasi Program  Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik, yang digelar di Gedung R. Mulyadi Mako Lantamal I Belawan itu, juga dihadiri seluruh Pejabat Utama Lantamal I.

Lebih lanjut dijelaskan Danlantamal I Belawan, diperlukan sosialisasi dan pelatihan serta penilaian yang dilaksanakan oleh Staf Potensi Maritim bidang pelayanan publik.

Terutama standar dan budaya pelayanan yang bermuara pada kepuasan, transparansi dan akuntabel.

“Hal ini merupakan indikator dari pelayanan publik yang prima dan menjadi tujuan pelaksanaan program reformasi TNI AL,” ujar Dan Lantamal I.

Danlantamal I menginstruksikan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh.

Sehingga target dan sasaran program kegiatan reformasi birokrasi bidang pelayanan publik tahun 2020 dapat tercapai.

Diutamakan

Pada kesempatan tersebut, Katim Pelatihan, Pendampingan dan Evaluasi Program Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik, Letkol Laut (S) Ahmad Nasrudin ST, M Tr Han membacakan sambutan Aspotmar Kasal, Mayjen TNI (Mar) Yuniar Ludfi.

Dijelaskan, seiring dengan tuntutan reformasi birokrasi di segala bidang, hak atas pelayanan yang berkualitas pada setiap diri warga negara sangatlah diutamakan.

Karena publik menginginkan pelayanan yang baik dan benar dalam setiap pelayanan yang diterima.

“Spotmar dibidang layanan publik ini difokuskan pada standar pelayanan, budaya pelayanan prima sampai dengan pengisian formulir yang disiapkan oleh Tim Pelayanan Publik (Yanlik) Spotmar,” katanya.

“Kesemua bermuara pada tingkat kepuasan menerima layanan yang diberikan oleh Satker,” ujar Dan Lantamal.

Hasil Kerja Inovatif

Dan Lantamal I menambahkan, indikator kinerja bukan hanya tentang penyerapan anggaran, tetapi lebih kepada hasil kerja yang inovatif dalam pelayanan publik.

Sehingga, kinerja pelayanan publik sangat besar pengaruhnya terhadap kualitas Satker, di mana pelayanan publik harus lebih responsif terhadap dinamika yang terjadi di lingkungan tiap-tiap satker.

Pelatihan, Pendampingan dan Evaluasi Program Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari Para Kadis/Kasatker, Pamen dan Pama Lantamal I Belawan akan berlangsung selama dua hari.

Di mana akan dijelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan publik, yang  dipaparkan oleh Katim dan Pabandya Kommas Ban IV Komsosmar Spotmar TNI AL, Letkol Laut (PM) Priyo Yudono SH, M.

Ketua Panitia, Kadispotmar Lantamal I Belawan, Letkol Laut (KH) Rotua Pandapotan menyampaikan, pemapar dari Spotmar Mabes AL akan memberikan materi paparan.

Di antaranya, Kegiatan Unit Pelayanan Publik, Penyiapan Pembangunan Unit Pelayanan Publik Terpadu.

Proses Pelayanan Publik Terpadu, Penyiapan Pembangunan Unit Pelayanan Publik di Satker Terpilih dan di akhir kegiatan esok hari akan dilaksanakan Evaluasi Pelayanan Publik. (h04)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2