Pasien Covid-19 Dirawat Di RS Terus Berkurang

Pasien Covid-19 Dirawat Di RS Terus Berkurang

  • Bagikan
COVID-19. Angka kasus harian Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tanggal 7 November 2021, tercatat 7 orang, sembuh bertambah 8 orang dan meninggal nihil. Ilustrasi
COVID-19. Angka kasus harian Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tanggal 7 November 2021, tercatat 7 orang, sembuh bertambah 8 orang dan meninggal nihil. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat dibeberapa rumah sakit (RS) rujukan Covid-19, khususnya di Sumatera Utara (Sumut) terus berkurang. Bahkan, terdapat rumah sakit rujukan yang sudah kosong pasien Covid-19.

Sub Koordinator Hukormas RSUPHAM, Rosario Dorothy Simanjuntak (Rosa) menyebutkan, pasien Covid-19 yang dirawat inap jumlahnya sudah jauh menurun dibanding beberapa bulan lalu. “Memang saat ini masih ada penambahan pasien (Covid-19), tetapi tidak banyak. Dilihat dari jumlahnya, sudah sangat menurun,” kata Rosa via seluler, Selasa (16/11).

Rosa menyebutkan, berdasarkan data seminggu terakhir, grafik pasien Covid-19 yang rawat inap mengalami penurunan yang signifikan. Pada 9 November ada 5 pasien, akan tetapi besoknya berkurang menjadi 3 pasien dan bahkan berkurang lagi menjadi 1 pasien di hari berikutnya. “Pada 12 November, jumlahnya bertambah menjadi 2 pasien dan bertambah lagi menjadi 6 pasien hingga 15 November. Namun, pada hari ini (16 November) sudah berkurang menjadi 2 pasien,” tandasnya.

Kondisi berbeda dialami RS GL Tobing. Di rumah sakit yang terletak di Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang ini, pasien corona sudah kosong sejak sepekan belakangan. “Kosong (pasien Covid-19) sejak seminggu lalu,” kata Direktur RS GL Tobing, Novi Fitriyani saat diwawancarai di Kantor Dinas Kesehatan Sumut.

Begitu pula di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU). Rumah sakit yang berada di Jalan Dr Mansyur, Medan ini, kini sudah tidak ada lagi dirawat pasien Covid-19. “Terakhir ada satu pasien, itu pada Jumat (12/11) lalu. Tapi, kalau sekarang sudah tidak ada,” ujar Humas RS USU Muhammad Zeini Zen.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg Ismail Lubis melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Nelly Fitriani mengatakan, tingkat ketersediaan tempat tidur atau atau Bed Occupancy Rate (BOR) Covid-19 di Sumut sampai 16 November 2021 cenderung turun. BOR ICU Covid-19 Sumut berkisar 3,49 persen dan Isolasi 0,89 persen. “Dari data hari ini (per 16 November), ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 berjumlah 4.781 bed, dengan rincian 4.380 bed isolasi dan 401 bed ICU,” ungkap Nelly.

Nelly menambahkan, untuk BOR Covid-19 Medan saat ini, tercatat ICU 4,38 persen dan isolasi 1,25 persen. “Untuk ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 di Kota Medan, isolasi 1.837 bed dan ICU 251 bed,” tandasnya.

Begitu juga dengan rumah sakit Gl Tobing juga memaparkan bahwa sejak dua Minggu lalu pasien covid-19nya sudah turun dan kini sudah kosong. (cbud)

  • Bagikan