Waspada
Waspada » Pasca Pemasangan Portal, Jl. Pancing 1 Belum Diperbaiki
Medan

Pasca Pemasangan Portal, Jl. Pancing 1 Belum Diperbaiki

MEDAN (Waspada): Pasca pemasangan portal di Jl. Pancing 1 simpang Martubung, Kelurahan Besar Kecamatan Medan Belawan, hingga kini, Selasa (15/9) kondisi ruas jalan masih ‘kupak kapik’.

Belum terlihat tanda-tanda serius dari pihak pengusaha/pemilik depo pengangkutan untuk memperbaiki kerusakan jalan yang diakibatkan merajalelanya truk-truk kontainer atau trado melintasi Jl. Pancing 1.

Pantauan Waspada, Selasa (15/9), sepanjang 600 meter jalan yang rusak itu, masih menganga dan tergenang air. Di depan SPBU hanya terlihat timbunan tanah timbun yang diduga untuk menutupi jalan rusak dan kondisinya terlihat hancur lebur dan berlumpur.

Genangan lumpur terlihat melubar dari badan jalan hingga ke kedua sisi jalan raya tersebut.

Seorang warga menuturkan, badan jalan yang rusak sempat ditimbun dengan tanah dan bukan dengan pasir atau batu (sirtu) sehingga jalan semakin parah dan hancur.

“Lihat saja kondisi jalan yang hancur dan berlumpur. Bukannya ditimbun dengan sirtu namun dengan tanah timbun,” keluh Syamsul, 40, warga sekitar.

Dijelaskan Syamsul, berdasarkan pertemuan warga dengan pihak pengusaha gudang, telah disepakati bahwa jalan yang rusak akan segera diperbaiki namun hari ini tal terlihat ada pengerjaan jalan yang rusak,” sebut Syamsul.

Sebagaimana diketahui,  untuk mencegah kerusakan badan jalan dan masuknya truk-truk bertonase tinggi, sejumlah warga memasang portal di Jl. Pancing 1 Martubung Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan, Kamis (3/9) lalu.

Koordinator aksi demo masyarakat Salman menjelaskan pihaknya menuntut tiga hal yaitu pemasangan portal tujuannya supaya truk trado dan trailer tidak melintas sebab status jalan itu kelas tiga.

“Status jalan merupakan jalan kelas III namun dilintasi oleh truk-truk yang bertonase tinggi sehingga mempercepat kerusakan jalan,” sebut Salman.

Dijelaskan Salman,  Pemko Medan segera memperbaiki jalan yang rusak parah itu sekaligus menertibkan gudang/depo truk trailer dan trado disepanjang Jl. Pancing untuk direlokasi.

“Untuk dana pemasangan portal ini sendiri asli dari dana swadaya masyarakat dengan jumlah berkisar Rp 3 juta tanpa ada sumbangan dari pihak pemerintah maupun pengusaha dan dikerjakan secara sukarela,” sebut Salman.

Menurut Salman pemasangan portal itu sudah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan kota Medan dan Unit Lalulintas Polsek Medan Labuhan. (m27)

Waspada/Ist

Sejumlah warga melintas di ruas jalan yang rusak di Jl. Pancing 1 Martubung, Selasa (15/9) sekira pukul 12:00.

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2