Waspada
Waspada » Parlaungan Simangunsong: Sarjana Teknik Wajib Tempuh Pendidikan Profesi Insinyur
Medan

Parlaungan Simangunsong: Sarjana Teknik Wajib Tempuh Pendidikan Profesi Insinyur

Ir Parlaungan Simangunsong ST IPM. Sarjana teknik wajib tempuh pendidikan profesi insinyur. Waspada/ist
Ir Parlaungan Simangunsong ST IPM. Sarjana teknik wajib tempuh pendidikan profesi insinyur. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Sekretaris FP Demokrat DPRD Sumut Ir Parlaungan Simangunsong ST IPM menyebutkan, sarjana teknik wajib tempuh pendidikan profesi insinyur.

Hal ini disampaikan usai pengukuhan dan pengambilan sumpah profesi insinyur oleh Rektor Unimed ​​​​​​Dr Syamsul Gultom SKM MKes, didampingi Dekan Fakultas Teknik Prof Dr Harun Sitompul MPd, Pembantu Dekan I Dr Zulkifli Matondang dan Pembantu Dekan II Dr Ernesto Silitonga, Senin (22/3/2021) di kampus Unimed Medan.

Menurut  Parlaungan, sesuai amanah UU No11/2014, bahwa setiap sarjana teknik wajib tempuh pendidikan profesi insinyur sesuai jurusannya, dengan menyelesaikan program kemasyarakatan.

“Begitu juga PII (Persatuan Insinyur Indonesia) melakukan uji kompetensi sesuai dengan profesi tingkatannya, yakni Insinyur Profesi Pratama (IPP), Insinyur Profesi Madya (IPM) dan Insinyur Profesi Utama,” ujarnya dalam pidato yang disampaikan secara virtual.

Sementara itu, Rektor Syamsul Gultom dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual mengatakan, Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Profesi Insinyur, Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur Angkatan I Tahun Akademik 2020/2021 di Fakultas Teknik ini diikuti oleh 12 wisudawan.

Dijelaskan Rektor, berdasarkan Undang-undang No11/2014 tentang keinsinyuran pada Bab 6 Pasal 10 tentang registrasi insinyur mengamanahkan, “Setiap insinyur yang akan melakukan praktik keinsinyuran di Indonesia harus memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI).

Salah satu syarat untuk mendapatkan STRI, tambahnya, harus sudah menempuh Pendidikan Profesi Insinyur (PPI) dan Prodi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik dan Unimed salah satu PPI yang menerima mandat untuk menyelenggarakan pendidikan profesi insinyur dari pemerintah.

“Berkaitan dengan itu, kepada para Insinyur yang dikukuhkan dan diambil sumpahnya sebagai Insinyur, atas nama pribadi, pimpinan, dan seluruh sivitas akademika, kami mengucapkan selamat. Semoga apa yang dicapai, dapat menghantarkan ke gerbang kesuksesan,” katanya.

Keahlian dan kemampuan yang telah diperoleh para wisudawan harus menjadi modal untuk berkiprah, berkarya dan meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup serta meraih masa depan yang bahagia bersama keluarga.

Seusai pengukuhan dan diambil sumpah profesi insinyur terhadap Parlaungan Simangunsong, dilanjutkan dengan acara syukuran di Hotel Dharma Deli.

Acara  dihadiri Rektor Unimed ​​​​​​Dr Syamsul Gultom SKM MKes, Prof Dr Harun Sitompul MPd, Dr Zulkifli Matondang, Dr Ernesto Silitonga, Ketua Prodi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Unimed Dr Ir Syafriatun Siregar dan lainnya.(cpb).

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2