Panitia Fun Futsal Cup 2021 Ditahan

Panitia Fun Futsal Cup 2021 Ditahan

  • Bagikan
KAPOLRESTABES Mesan Kombes Riko Sunarko menginterogasi B tersangka melanggar Prokes dan pemalsuan tandatangan anggota Polri. Panitia Fun Futsal Cup 2021 jadi tersangka dan ditahan. Waspada/Ist
KAPOLRESTABES Mesan Kombes Riko Sunarko menginterogasi B tersangka melanggar Prokes dan pemalsuan tandatangan anggota Polri. Panitia Fun Futsal Cup 2021 jadi tersangka dan ditahan. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Polrestabes Medan menjadikan ketua panitia Fun Futsal Cup 2021 menjadi tersangka dan ditahan, karena melanggar Prokes.

Tersangka B, 44, warga Bromo, mantan honorer Poldasu juga memungut bayaran Rp15 ribu bagi penonton saat menyaksikan final pertandingan futsal di Gedung Olahraga (GOR) Mini, Jl. Willlem Iskandar.

Deliserdang memungut bayaran Rp 15 ribu bagi penonton. Panitia juga mengaku menjalin kerjasama dengan beberapa sponsor dan memperoleh keuntungan Rp12 juta.

Hal itu dijelaskan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko saat menggelar konferensi pers, Rabu (3/1) sore di Mapolrestabes Medan.

Dijelaskan, Polrestabes Medan dan Polsek jajaran dipastikan tidak memiliki tim futsal. Tersangka juga diketahui mencatut logo Poldasu dalam spanduk penyelenggaraan futsal tersebut.

“Penyelanggaraan futsal tersebut mencatut nama Polri. Tersangka mengakui dia membuat logo di spanduk tersebut,” jelasnya.

Tersangka, sambung Kapolrestabes, sebelum Covid-19 juga pernah menyelenggaralan event serupa.

Tersangka juga mengundang penonton via media sosial supaya menghadiri final futsal tersebut.

“Dispora Sumut memberi izin pemakaian GOR dengan catatan tanpa ada penonton. Tapi tersangka mengabaikan catatan tersebut dan mengundang penonton via Medsos,”sebutnya.

Sementara, tersangka, B ketika diwawancarai mengapa nekad memalsukan tanda tangan dua oknum Polri karena unsur kedekatan.

“Karena sudah kenal dekat, jadi saya tanda tangani saja sendiri surat tersebut,”katanya.
Karena perbuatannya, tersangka diancam melanggar Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002, Pasal 84 dan

Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 263 KUHPindana tentang Pemalsuan Surat dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Tanpa Biaya

Sebelumnya, pertandingan Final Fun Futsal 2021 yang diselenggarakan di GOR Mini Futsal Dispora Sumut Jl. Willem Iskandar, viral di media sosial. Pasalnya, penonton yang hadir dalam pertandingan tersebut tampak membludak tanpa menerapkan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

Dalam video yang beredar tersebut juga tampak spanduk bertulisan ‘Fun Futsal Cup 2021’. Dari flyer akun Instagram @funfutsalpoldasu, kompetisi itu diketahui sudah digelar 24-30 Januari 2021 lalu.

Dalam peserta juga terdapat tim yang mengatasnamakan kepolisian di antaranya Futsal Poldasu dan Polsek Medan Kota. Akan tetapi penonton yang hadir di pertandingan itu tampak membludak. Mereka juga tidak menjaga jarak dan di antaranya ada yang tidak mengenakan masker. (m25)

  • Bagikan