Pameran Rempah Terbesar Di Dunia Akan Digelar Di Danau Toba

Pameran Rempah Terbesar Di Dunia Akan Digelar Di Danau Toba

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Pameran rempah-rempah terbesar di dunia akan digelar di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada 10-13 Desember 2021 mendatang.

Pameran rempah nantinya dirangkai dengan pertemuan bisnis bertajuk ‘Indonesia Spice Business Forum & Exhibition 2021’ (ISBFE 2021).

                                             

ISBFE 2021 digelar dan digagas oleh Dewan Rempah Indonesia (DRI) yang diketuai Gamal Nasir bersama Kementerian Pertanian, Kadin Sumatera Utara dan Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI).

‘’Ini merupakan acara pertemuan bisnis dan pameran rempah terbesar di Indonesia bahkan di dunia saat ini,’’ sebut Ketua Umum Kadin Sumatera Utara juga Ketua Umum GPEI, Khairul Mahalli kepada Waspada di Medan, Jumat (17/9).

Acara tersebut, kata Khairul, juga mendapat dukungan penuh dari Kadin Indonesia, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Perekonomian Republik Indonesia.

ISBFE 2021 ini akan diikuti seluruh komponen pemangku kepentingan rempah di seluruh Indonesia dan mengundang keikutsertaan peserta dari mancanegara, terutama para importer dan pengolah rempah yang menjadi sasaran ekspor rempah Indonesia seperti Singapura, Uni Emirat Arab, India, Maroko, Algeria, Tunisia, USA, Belanda, Brazil, Jerman, Belgia dan lainnya.

Acara ini merupakan pengejawantahan dari amanat Presiden Joko Widodo, dimana pada tahun 2017, mengamatkan kepada semua pemangku kepentingan rempah Indonesia untuk bersama-sama mengembalikan kejayaan rempah Indonesia.

‘’Amanat yang sangat penting ini disambut oleh kementerian terkait dan dunia usaha dengan meluncurkan berbagai program yang dipopulerkan dengan nama ‘spice up the world’,’’ ujar Khairul.

Khairul menambahkan, Kadin Indonesia melalui Kadin Sumatera Utara sebagai tuan rumah, berinisiatif menyelenggarakan acara yang secara nyata mempertemukan para petani, pengusaha, UMKM dan pengolah rempah dalam satu forum bisnis yang benar-benar konkrit, terukur meningkatkan ekonomi nasional melalui perniagaan rempah baik di Indonesia maupun mancanegara.

‘’Nantinya juga digelar konferensi internasional rempah pertama yang akan mengundang pembicara-pembicara kunci dari seluruh Indonesia dan mancanegara,’’ tuturnya.

Acara ini nantinya diagendakan untuk dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo dan diselenggarakan secara offline dari kawasan Danau Toba dan online melalui platform virtual event guna memaksimalkan keikutsertaan publik dan dunia internasional, demikian Khairul.(m29)

Waspada/Ist
Pameran rempah-rempah terbesar di dunia akan digelar di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada 10-13 Desember mendatang.

  • Bagikan