Napak Tilas Telusuri Jalur Rempah Sumut

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Masyarakat Sejarawan Indonesia Sumatera Utara (Sumut) yang diketuai Suprayitno akan mengadakan napak tilas menelusuri jalur rempah di daerah ini.

‘’Menelusuri jalur rempah-rempah dari mulai pesisir Deli ke pedalaman tanah Karo sebagai pemanasan menjelang pameran dan Hari Rempah Nasional serta Indonesian Spices Forum and Business Expo (ISFBE) di Parapat, Danau Toba Desember mendatang,’’ ucap Ketua Umum Kadin Sumut, Khairul Mahalli kepada Waspada di Medan, Rabu (27/10).

Khairul Mahalli yang juga Wakil Ketua Dewan Rempah Indonesia (DRI) Sumut menyatakan atas nama Dewan Rempah Indonesia Sumut yang diketuai Ny. Nawal Lubis Edy Rahmayadi menyebut napak tilas nantinya menelusuri pesisir timur ke barat Sumut.

‘’Napak tilas ini gayung bersambut menelusuri rempah dari pesisir timur ke barat gunamengangkat kembali harkat dan martabat Sumatera Utara,’’ sebut Khairul.

Dia juga mengatakan, Barus adalah situs rempah barus yang sejarahnya dikenal seluruh jagad raya, dari sebelum masehi. Kota Barus menjadi pintu masuknya Islam pada abad pertama Islam. ‘’Kota Barus menjadi mile stone Islam masuk nusantara yang telah ditetapkan pemerintah Republik Indonesia,’’ jelasnya.

Namun, sebut Khairul, sangat disayangkan tanaman rempah Barus sudah masuk dalam daftar tanaman yang terancam punah, menurut IUCN (International Union for the Concervation of Nature and Natural Resources).

‘’Oleh sebab itu kekayaan alam yang perlu dilestarikan, dan memberikan kesejahteraan pada rakyat sekitarnya,’’ tandasnya.

Khairul juga menyebutkan bahwa kemenyan Toba (styrax sumatrana) adalah kemenyan terbaik dan termahal. ‘’Sayangnya, harga premium belum ada trickledown effect memberikan kesejahteraan bagi produsennya,’’ ujarnya.

Untuk itu, dengan adanya napak tilas menelusuri jalur rempah di Sumut ini mudah-mudahan dapat bermanfaat dalam memberikan dorongan kepada Sejarawan Indonesia, khusunya Sejarawan Sumatera Utara, demikian Khairul.(m29)

Waspada/Ist
Masyarakat Sejarawan Indonesia Sumatera Utara (Sumut) akan napak tilas menelusuri jalur rempah di daerah ini sebagai pemanasan menjelang Hari Rempah Nasional dan Indonesian Spices Forum and Business Expo (ISFBE) di Parapat, Danau Toba Desember mendatang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *