Waspada
Waspada » Musrenbang 2021 Unimed Secara  Daring, Fokus Tingkatkan Kualitas
Medan

Musrenbang 2021 Unimed Secara  Daring, Fokus Tingkatkan Kualitas

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom memimpin Musrenbang) secara virtual/daring melalui aplikasi zoom meeting, Kamis, (11/2). Pejabat utama hadir dalam kegiatan itu. Waspada/ist
Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom memimpin Musrenbang) secara virtual/daring melalui aplikasi zoom meeting, Kamis, (11/2). Pejabat utama hadir dalam kegiatan itu. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) secara virtual/daring melalui aplikasi zoom meeting,  Kamis, (11/2). 

Kegiatan itu dibuka Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom, SKM,. M.Kes. dan dihadiri Ketua Senat Unimed Prof Dr Syawal Gultom, M.Pd, para wakil Rektor, dekan, direktur Pascasarjana, ketua Lembaga, kepala Biro, kepala Unit, ketua Jurusan, ketua Prodi, kepala Lab, Studio, Sanggar dan Fungsional pengelola keuangan di lingkungan Unimed. 
 
Musrenbang ini dilaksanakan guna menyatukan persepsi civitas dalam merancang program prioritas yang mengacu pada Transformasi Pendidikan Tinggi melalui 8 indikator kinerja utama (IKU).
Di antaranya Lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan masyarakat dan dapat merekognisi internasional, program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif dan program tudi berstandar internasional.
Unimed selanjutnya akan fokus meningkatkan kualitas lulusan, kualitas dosen dan pengajar dan kualitas kurikulum. 
 
Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom, SKM, M.Kes. dalam sambutannya mengatakan, dalam Musrenbang ini, mari fokuskan dan sepakati bersama program prioritas kebutuhan yang akan menjadi bahan penyusunan dan pelaksanaan program kerja.
“Tentunya kita fokuskan pada peningkatan mutu lulusan, kualitas dosen dan layanan akademik. Sehingga akan mendukung keterwujudan visi Unimed menjadi universitas yang unggul dalam bidang Pendidikan, rekayasa industri dan budaya. Satu poin lagi yang harus menjadi perhatian kita semua adalah ketercapaian PK Rektor dengan Mendikbud yaitu Peningkatan kualitas pembelajaran dan mahasiswa, peningkatan kualitas kelembagaan, peningkatan relevansi, kualitas, dan kuantitas SDM, serta peningkatan relevansi dan produktivitas riset dan pengembangan,” katanya.
 
Hal yang juga penting adalah keterlaksanaan Renstra Unimed 2020-2024, karena merupakan langkah-langkah strategis yang akan ditempuh dan kita digunakan.
Ini dimaksudkan untuk menjaga agar seluruh proses penyelenggaraan Pendidikan dan semua komponen di dalamnya dapat mengarah kepada pencapaian visi, misi, tujuan, dan sasaran yang ditetapkan, serta sebagai pedoman umum pengembangan Unimed selama empat tahun ke depan.
Arah dan strategi pengembangan Unimed  yang dituangkan dalam rencana strategis ini tidak lepas dari Renstra Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fakultas, Lembaga, Unit dan seluruh elemen di lingkungan Unimed  harus mengacu pada Renstra Unimed 2020-2024 yang telah diarahkan ini.

Renstra Unimed

Selanjutnya Rektor mengungkapkan “Renstra Unimed ini merupakan pernyataan resmi yang menentukan arah pengembangan institusi pada kurun waktu tahun 2020-2024 dan merupakan implementasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Unimed 2020-2044.
Renstra ini disusun berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal institusi guna merumuskan visi Unimed, dan menjabarkannya dalam bentuk misi, tujuan, sasaran strategis, program dan kegiatan Unimed untuk tahun 2020-2024.
Oleh sebab itu, Renstra Unimed ini merupakan rencana pengembangan yang berskala kelembagaan serta merupakan konsensus dan komitmen bersama seluruh stakeholders dalam penetapan dan strategi pencapaian visi.
“Fungsi perencanaan strategis tersebut adalah untuk menyatukan pandangan dan derap langkah seluruh warga institusi dalam mewujudkan visinya melalui pelaksanaan prioritas program selama empat tahun ke depan,” katanya.
Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam paparannya juga menyampaikan poin-poin penting dan upaya yang harus kita lakukan dalam mewujudkan capaian prioritas yang harus kita capai yakni meningkatkan kualitas lulusan, kualitas kurikulum dan kualitas dosen, serta kita sukseskan program merdeka belajar.
“Mari kita susun bersama program prioritas di setiap unit di Unimed ini untuk mencapai indikator kinerja utama Unimed yang sudah tertuang dalam renstra yakni peningkatan lulusan, kurikulum dan kualitas dosen, serta kita sukseskan program kampus merdeka dan merdeka belajar.
Hal yang penting juga harus kita wujudkan adalah peningkatan layanan akademik terbaik kepada dosen dan mahasiswa di kampus yang kita banggakan ini”. 
 
Kemudian dalam Musrenbang ini juga semua Wakil Rektor menyampaikan kinerja dan capaian yang telah diraih, serta menyampaikan program-program prioritas yang dapat diacu bagi semua fakultas, lembaga dan unit di lingkungan Unimed.
Kemudian Musrenbang dilanjutkan pada penyusunan program kerja prioritas di semua unit di lingkungan Unimed guna mencapai target yang ingin dicapai dalam menjawab kebutuhan dan harapan menuju kemajuan.  (m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2