MUISU Gelar Seminar Nasional Literasi Kebangsaan Moderasi Beragama Dan Toleransi

MUISU Gelar Seminar Nasional Literasi Kebangsaan Moderasi Beragama Dan Toleransi

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Majelis Ulama Indonesia(MUI) Sumatera Utara, menggelar Seminar nasional literasi kebangsaan moderasi beragama dan toleransi di Hotel Santika Dyandra sejak 8 s/d 9 Oktober 2021.

Acara diawali pembukaan oleh Ketua Umum MUISU, Dr.H.Maratua Simajuntak diwakil Wakil Ketua MUI Sumut, Dr.H.Arso,SH, MAg pada Jumat (8/10) malam.

Dalam pidatonya, Dr.H.Arso memberi apresiasi kepada pelaksana kegiatan, karena seminar ini memberikan pencerahan kepada peserta terlebih menghadirkan pembicara yang sangat kompeten.

Sedangkan, Ketua panitia kegiatan seminar, Dr.H.Ardiansyah, MA yang juga Wakil Ketua Umum MUISU, menjelaskan bahwa Seminar Nasional ini menampilkan pembicara dari Ketua MUI Pusat KH. Shalahuddin al-Ayyubi, MSi, Wakil Gubernur Sumut H. Musa Rajekshah, M.Hum, Rektor USU Dr. Muryanto Amin dan Rektor UINSU, Prof. Dr. Syahrin Harahap.

“Topik yang dikupas para narasumber dalam seminar ini sangat relevan dan urgen dengan kondisi keindonesiaan kita hari ini. Di mana era digitalisasi dan globalisasi bukan hanya menjadi tantangan tapi kalau tidak ditangani dengan baik dapat berubah menjadi penghalang. Oleh karena itu, peran MUI dalam memberikan bimbingan kepada masyarakat sangatlah diharapkan dalam mengawal NKRI dengan semangat kebangsaan, Islam wasathiyah dan toleransi.

“Sebagaimana kita sadari bersama bahwa globalisasi kerap kali menampilkan wajah yang ambigu dalam makna nasionalisme dan persatuan. Sedangkan seminar ini dihadiri oleh 70 peserta yg terdiri dari DP. MUI Sumatera Utara, MUI kabupaten kota, organisasi kemahasiswaan sebagai generasi harapan,” kata Ardiansyah.

Peserta kegiatan dari MUI Kabupaten/kota berharap dengan seminar nasional yang digagas Wakil Ketua Umum MUI Sumut Dr. Ardiansyah, Lc., MA diharapkan tumbuhkembang rasa cinta tanah air (hubbul wathan) dan sikap moderat (wasathiyah) yang santun dan berwawasan dalam menghadapi problematika keumatan kini dan masa hadapan.(m22)

Waspada/Anum saskia
Wakil Ketua Umum MUISU, Dr.H.Arso,SH, MAg, Dr.H.Ardiansyah MA, Lc dan pembicara Rektor USU Dr. Muryanto Amin dan Rektor UINSU, Prof. Dr. Syahrin Harahap dan panitia berfoto bersama.

  • Bagikan