MUI Sumut Gelar Pelatihan Pelopor Wasathiyah Islam

MUI Sumut Gelar Pelatihan Pelopor Wasathiyah Islam

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, selama dua hari 17 s/d 18 November 2021 dilaksanakan pelatihan Pelopor Wasathiyah Islam di Hotel Permata Land Rantau Prapat.

Acara dibuka oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara,Dr. H. Maratua Simanjuntak dan juga dihadiri oleh Ketua DP MUI Kabupaten Labuhanbatu Drs. H. Hamid Zahid Hasibuan beserta Ketua Komisi Kerukunan Umat Beragama MUI SU Darma Effendi, SH, MA.

Dalam sambutannya Ketum MUI Sumut menegaskan bahwa para Ulama Indonesia dan Ormas Islam khususnya yang mengikuti pelatihan ini harus benar-benar memahami makna Wasathiyatul Islam yang telah diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Sehingga bisa dipraktikkan bersama seluruh umat di daerah masing-masing dan terwujudlah nanti komitmen pembangunan yang Baldatun thoyyibatun warobbul ghofur,dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketua Panitia Acara Drs. H. M. Arifin Umar melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti utusan MUI dari 8 Kabupaten berjumlah 24 peserta, yaitu Labuhanbatu, Labura, Labusel, Tapsel, Asahan, T. Balai, Paluta dan Palas juga utusun Ormas Islam dari Kota Rantau Prapat berjumlah 10 orang yaitu diantaranya dari Al Washliyah, Muhammadiyah, Nahdhatul Ulama, PERTI, Al Ittihadiyah, BKMT.

Arifin Umar berharap agar kegiatan ini mampu mewujudkan pemahaman yang sempurna dalam menjaga kerukunan diantara umat beragama dan keutuhan berbangsa dan bernegara.

Kegiatan pelatihan ini di moderatori oleh Ali Nafiah Harahap dan menghadirkan narasumber nasional termasuk Prof.Dr. H. Arifinsyah, MA.

Dalam paparan materinya selama 2 hari beliau menegaskan misi kenabian wasathiyatul Islam harus terus disampaikan kepada seluruh ummat khususnya para ulama dan da’i yang senantiasa selalu berinteraksi dengan ummat, dan juga berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya.

“Sehingga terciptanya tatanan masyarakat madani dalam persatuan dan kesatuan bangsa yang menetapkan nilai-nilai wasathiyatul Islam,”ujar beliau.(m22)

Waspada/ist
Ketua Umum MUISU ,Dr. H. Maratua Simanjuntak bersama pembicara dan panitia serta Ketua DP MUI Kabupaten Labuhanbatu Drs. H. Hamid Zahid Hasibuan.

  • Bagikan