MUI Sumut Gelar Orientasi Bidang Komisi

MUI Sumut Gelar Orientasi Bidang Komisi

  • Bagikan
KETUA Umum MUI Provinsi Sumatera Utara, Dr. H. Maratua Simanjuntak (kanan) saat membuka kegiatan. MUI Sumut gelar orientasi bidang komisi. Waspada/ist
KETUA Umum MUI Provinsi Sumatera Utara, Dr. H. Maratua Simanjuntak (kanan) saat membuka kegiatan. MUI Sumut gelar orientasi bidang komisi. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Tantangan keumatan di era milenial sekarang ini sudah semakin banyak dan kompleks, maka perlu melaksanakan orientasi pada Bidang Komisi di Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut.

Hal itu antaralain disampaikan Ketua Umum MUI Provinsi Sumatera Utara, Dr. H. Maratua Simanjuntak, saat Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP-MUI) Sumatera Utara melaksanakan orientasi pengurus dewan pimpinan dan komisi-komisi di Aula MUI-SU Jl.Sutomo Medan Jl Majelis Ulama Nomor 3 Medan, Rabu (28/4).

Lebih lanjut, Ketua Umum MUI Provinsi Sumatera Utara, Dr. H. Maratua Simanjuntak, menyampaikan pentingnya orientasi mengingat tantangan keumatan di era milenial sekarang ini sudah semakin banyak dan kompleks.

Orientasi dimaksudkan untuk menguatkan tekad, menyatukan persepsi khususnya dalam menyatukan gerak yang sejalan dengan visi-misi MUI sebagai pelayan umat.

Dia juga berharap kepada pengurus untuk melaksanakan amanah yang diemban dengan sepenuh hati, sehingga pelayanan keumatan yang kita berikan dapat menjawab kebutuhan umat.

Amanah Sekjen MUI Pusat

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal MUI Pusat, Dr. H Amirsyah Tambunan dalam tausiahnya secara zoom meeting menyampaikan apresiasinya dengan kegiatan itu dan berharap pengurus baru DP-MUI-SU yang baru terpilih dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi pelayanannya kepada umat, bangsa dan masyarakat.

Amirsyah juga berharap kepada pengurus MUI dapat memberikan pencerahan dan tabayyun kepada umat khususnya yang berkaitan dengan isu keagamaan ataupun informasi yang saat ini perkembangannya sudah sangat pesat.

“Sebagai pelayan umat diharapkan dapat mencerdaskan umat dalam memilah serta memilih mana informasi yang baik, juga mendewasakan umat untuk menolak segala bentuk informasi hoak,” ucap Tambunan.

Dia juga berharap kepada pengurus MUI untuk menjadi muharriq atau penggerak kemajuan umat. Karena itu, ungkap Tambunan diharapkan kepada pengurus dan komisi untuk memperkokoh silaturahmi kepada umat dan kepada pemerintah agar dapat selalu terjaga, sehingga seluruh program dapat terlaksana maksimal.

Hal lain diharapkannya, agar MUI mendorong program penguatan pengurus di kecamatan sebagai ujung tombak layanan keagamaan dan untuk memperkuat umat melalui program pembinaan yang lebih baik. “MUI adalah tenda besar umat dan kita adalah yang memberikan pelayanan kepada umat,”ucapnya.

Turut menjadi pembicara, Sekretaris Umum DP-MUI Sumatera Utara, Prof. Dr. H Asmuni tentang visi, misi, orientasi dan peranan MUI. Pemateri selanjutnya adalah Wakil Ketua Umum, Dr. H Ardiansyah Lc, MA yang menyampaikan materi tentang ulama dan tugas keumatan.(m22)

 

  • Bagikan