MUI Medan Sebut Petasan Dari Kertas Alquran Bentuk Penistaan Agama

MUI Medan Sebut Petasan Dari Kertas Alquran Bentuk Penistaan Agama

  • Bagikan
Ketua Umum MUI Kota Medan, Dr Hasan Matsum. Waspada/Ist
Ketua Umum MUI Kota Medan, Dr Hasan Matsum. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan menilai, ada kesengajaan dalam pembuatan petasan bungkus Alquran di Ciledug, Tangsel yang mengarah kepada penistaan agama.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum MUI Kota Medan, Dr Hasan Matsum, MAg, Rabu (15/9). Menurutnya, tidak boleh memakai Al Qur’an sebagai bungkus petasan karena akan membuat kesucian Alquran jadi tercemar.

“Itu soal bungkusnya Al-Qur’an. Ini sangat terlihat unsur kesengajaan dan penistaan. Kalau soal bikin atau jual petasan sih itu urusan cari uang, itu yang bikin aturannya pemerintah,” katanya.

Dilanjutkan dia, banyak bahan kertas yang bisa digunakan untuk membuat petasan selain Al-Qur’an. Apalagi, Al-Qur’an merupakan kitab suci yang harus terus dijaga kesuciannya.

“Ya. Bahan bungkus lain kan masih banyak. MUI Kota Medan sangat menyayangkan sikap-sikap yang terus menerus muncul terkait pelecehan terhadap keyakinan agama di negara ini,” tegasnya.

Hasan Matsum meminta semua pihak wajib menghormati keyakinan orang lain.
Al Qur’an sangat diagungkan umat Islam karena debagai panduan hidup dan, kalam Allah Swt yang mulia dan suci.
“Kejadian itu sangat melukai hati umat Islam. Karena pada yang dipandang sangat mulia itu dilecehkan sampai menjadi pembungkus mercon,” imbuhnya.

Ia juga meminta kasus-kasus pelecehan yang berpotensi dapat menimbulkan potensi ketidak rukunan umat agama sudah tidak ada lagi di negara yang menjunjung tinggi kerukunan umat beragama.
“Penegak hukum harus bertindak dan memberi sanksi tegas serta terukur kepada pihak yang sengaja menjadikan lembaran Al Qur’an jadi pembungkus petasan,” tuturnya.

Diketahui, beberapa waktu lalu heboh di media sosial kertas Al-Qur’an digunakan sebagai bungkus petasan. Temuan ini terjadi di Kelurahan Parung Serab, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Banten.

Warga setempat mengunggahnya ke media sosial. Warga pun heboh dengan penemuan petasan yang diduga terbuat dari bahan kertas Alquran. Peristiwa tersebut pertama kali diabadikan akun Instagram bernama @ciledug24jam.

Dalam video tersebut tampak warga ramai melihat potongan-potongan kertas bertuliskan ayat suci Quran bekas ledakan petasan. (h01)

  • Bagikan