Waspada
Waspada » MUI Medan: Kurban Bersihkan Diri dari Sifat Hewani
Medan

MUI Medan: Kurban Bersihkan Diri dari Sifat Hewani

KETUA panitia kurban MUI Kota Medan, Drs Burhanuddin Damanik saat menerima hewan kurban dari Wali Kota Medan. Waspada/ist
KETUA panitia kurban MUI Kota Medan, Drs Burhanuddin Damanik saat menerima hewan kurban dari Wali Kota Medan. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan melaksanakan ibadah kurban sebanyak 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing yang disalurkan ke seluruh pengurus MUI Medan dan masyarakat sekitar.

Hewan kurban yang merupakan sumbangan dari Wali Kota Medan, Kapolda, pengusaha dan Kapolrestabe Medan akan disembelih, Rabu (21/7) di halaman Kantor MUI Kota Medan.

Ketua Panitia Kurban 2021 MUI Kota Medan, Drs Burhanuddin Damanik, mengatakan, kurban Idul Adha adalah perintah untuk membunuh dan menyembelih sifat-sifat hewani yang ada dalam diri umat Islam, seperti memangsa sesama, serakah, dan sebagainya.

“Ibadah kurban ini memiliki dimensi sosial, dimana daging kurban yang dibagikan ke masyarakat sebagai wujud kebersamaan dan saling memperhatikan serta memberi semangat lebih kuat apalagi dikondisi pandemi covid 19,” ujarnya kepada Waspada, Selasa (20/7).

Dikatakan Burhanuddin yang juga Wakil Ketua Umum MUI Kota Medan ini, secara totalitas Hari Raya Idul Adha ini adalah hari raya dimana memunculkan dua kesalehan yakni secara pribadi dan kesalehan sosial.

“Kesalehan pribadi maksudnya kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Tapi ada juga kesalehan sosial di mana manusia sama-sama Salat Ied,” katanya.

Menurutnya, kepada umat Islam harus ditingkatkan kualitas pengorbanan. Bagi yang mampu hendaknya berkurban menyembelih hewan kurban dan bagi yang tidak mampu silahkan meningkatkan hubungan dengan Allah sebaik baiknya dan hubungan sesama manusia.

Burhanuddin juga menyampaikan terimakasihnya kepada pihak yang telah mengamanahkan hewan kurbannya ke MUI Kota Medan. Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban nantinya, akan dilaksanakan dengan baik dan disalurkan kepada ulama MUI Medan serta masyarakat sekitar.

“InsyaAllah yang berkurban diberi keberkahan dalam hidupnya dan diharapkan ditahun-tahun berikutnya akan lebih banyak lagi yang berkenan mempercayai kurbannya kepada MUI Kota Medan, sehingga semakin banyak masyarakat kita yang banyak menikmati daging kurban,” harapnya. (h01)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2