Waspada
Waspada » MUI Imbau Masyarakat Tetap Muliakan Jasad Terinfeksi Covid-19
Medan

MUI Imbau Masyarakat Tetap Muliakan Jasad Terinfeksi Covid-19

SEKRETARIS MUI Sumut, Dr Ardiansyah MA. MUI imbau masyarakat tetap muliakan jasad terinfeksi Covid-19. Waspada/Ist
SEKRETARIS MUI Sumut, Dr Ardiansyah MA. MUI imbau masyarakat tetap muliakan jasad terinfeksi Covid-19. Waspada/Ist

MEDAN(Waspada): Majelis Ulama Indonesia atau MUI imbau masyarakat tetap muliakan jasad sekalipun yang meninggal karena terinfeksi Covid-19.

“MUI imbau masyarakat tetap muliakan jasad terinfeksi Covid-19, karena kematian ketetapan takdir Allah SWT,” kata Sekretaris MUI Sumut, Dr Ardiansyah MA, di Medan, Minggu(5/4).

Menurut Dr Ardiansyah, tidak seorangpun berkeinginan meninggal disebabkan virus ini.

Oleh karena itu, fatwa MUI Pusat No 18/2020 tentang penyelenggara jenazah yang wafat karena Covid-19 jelas menegaskan bahwa jenazah harus diurusi dengan cara-cara yg baik.

Bahkan mereka dikategorikan sebagai syahid akhirat. Karena itu kita wajib berbaik sangka kepada saudara saudara kita yang telah mendahului kita, khususnya mereka yang wafat terinfeksi virus corona ini.

“Selain itu, kita berharap agar masyarakat luas dapat menerima penguburan jenazah Covid-19 ini dengan baik pula dan tidak menolaknya. Mari kita doakan mereka husnul Khotimah mengakhiri hidup ini,” ujarnya.

“Dalam pelaksanaan terhadap mereka yg diduga wafat terinfeksi Covid-19 namun hasil tesnya belum keluar tetap dilaksanakan sesuai Fatwa MUI No. 18/2020 dgn protokol penyelenggaran jenazah yang wafat positif Covid-19.

Hal ini tentunya didasarkan dengan kondisi dan keadaan jenazah sesaat sebelum wafat yaitu diduga terinfeksi virus Corona.

Sebab, tidak mungkin juga ditunggu keluar dulu hasilnya baru dilaksanakan protokol terhadap jenazah tersebut.

“Karena rentang waktu menunggu keluarnya hasil yg bisa memakan waktu berhari-hari,” katanya.

Jaga Kebersihan

Dilanjutkannya, justeru karena itulah, menjaga kesehatan dan mentaati himbauan pemerintah untuk menjaga kebersihan dan tetap berada dalam rumah kita adalah jalan terbaik saat ini untuk kita lakukan bersama.

“Memutus mata rantai virus ini harus dilakukan secara bersama dgn rasa soliditas dan solidaritas yang tinggi di tengah-tengah masyarakat tanpa terkecuali.

MUI Sumatera Utara menghimbau agar kita terus berikhtiyar, berdoa dan bersabar dalam menghadapi cobaan-Nya. Semoga semua ujian ini cepat berlalu. Amiin, ya Allah,” paparnya.

Berbagai pihak menyesalkan adanya penolakan dari sejumlah warga terhadap penguburan jenazah yang terpapar Covid-19. Menurut sebagian kalangan, hal itu tidak perlu, sebab pemerintah udah merilis protokol yang sesuai terkait hal tersebut. (m37)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2