Waspada
Waspada » MTQ Ke-2 HUT Haji Anif Ditutup
Medan

MTQ Ke-2 HUT Haji Anif Ditutup

WAKIL Gubernur Sumut yang juga Ketua Yayasan Haji Anif, H Musa Rajekshah bersama Ketua panitia MTQ, Dr Ardiansyah menyerahkan trophi juara umum kepada Lembaga Bapqah Sika, dengan Ketua Umum Bapqah Sika Sumut H Lagut S Pulungan. MTQ ke-2 H Hanif ditutup, dan juara 1 terima Rp 30 juta dan diumrahkan. Waspada/Anum Saskia
WAKIL Gubernur Sumut yang juga Ketua Yayasan Haji Anif, H Musa Rajekshah bersama Ketua panitia MTQ, Dr Ardiansyah menyerahkan trophi juara umum kepada Lembaga Bapqah Sika, dengan Ketua Umum Bapqah Sika Sumut H Lagut S Pulungan. MTQ ke-2 H Hanif ditutup, dan juara 1 terima Rp 30 juta dan diumrahkan. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada):  Musabaqah Tilawatil Quran  atau MTQ Ke-2 Yayasan Haji Anif sekaligus merayakan HUT Haji Anif ke 81 ditutup Minggu (22/3).

MTQ Ke-2 HUT Haji Anif ditutup dalam acara yang berlangsung di area Masjid Al-Musannif Cemara Asri.

Acara cukup meriah dan dihadiri ratusan warga meski zikir Akbar bersama ustad Abdul Somad dibatalkan.

Ketua Panitia Dr H Ardiansyah Lc MA menjelaskan, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-2 Yayasan Haji Anif ini dilaksanakan menyambut HUT H Anif ke 81 dan telah dilaksanakan selama 7 hari.

“Dalam pelaksanaan kegiatan, dilakukan juga pembacaan yasin setiap malamnya, sebagai bentuk keprihatinan terhadap kondisi sekarang ini,” kata Ardiansyah.

Disebutkannya, dari 1.060 peserta telah menghasilkan 12 juara tilawah putra putri dan 12 juara pada tahfiz putra dan putri.

Dia mewakili panitia juga mengungkapkan banyak terima kasih kepada yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Para juara diberikan hadiah. Untuk juara 1 terima Rp 30 juta dan diumrahkan.

Puspo Wardoyo melalui Wong Solo, yang telah mengcover semua konsumsi pelaksanaan, Bank Syariah Mandiri memberikan 1 paket umrah.

BRI memberikan Rp 25 juta, tokoh masyarakat H Hasyim memberikan 2 paket umrah, Bobby Afif Nasution memberikan 1 paket umrah.

H Yazid memberikan 132 Alquran, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi memberikan 2 paket umrah.

Sekda Sumut, memberikan 1 paket umrah dan dari Biro Binsos Pemprov memberikan 1 paket umrah.

“Panitia telah berupaya sedapat mungkin untuk menghindari sedapat mungkin keramaian di tengah pandemi Covid-19.

“Karenanya, atas perintah Ketua Yayasan, Tabligh Akbar ustad Abdul Somad dibatalkan. Kondisi ini sungguh diluar batas kemampuan kita. Karena itu, kami dari panitia memohon maaf,” ujarnya.

Tidak Menduga Ramai

Wakil Gubernur Sumut yang juga Ketua Yayasan Haji Anif, H Musa Rajekshah tidak menduga banyak yang hadir.

Meski sedang meningkat kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19, kemudian panitia menutup kegiatan dengan sederhana dan tidak mengundang banyak pihak.

Saat pembukaan cukup banyak yang hadir. Termasuk Gubernur dan H Anif. “Hari ini, kami tidak menyarankan tamu untuk hadir,” katanya1.

Karena memang himbauan dari Gubernur dan Presiden untuk menghindari keramaian. H Anif pun kami minta untuk tidak hadir, karena usianya.

“Kami minta hanya melihat melalui video di rumah. Kami tidak menyangka sebegitu ramai yang hadir. Prediksi hanya orangtua dari keluarga peserta yang hadir,” ungkapnya.

Disebutkannya, Yayasan Haji Anif mengucapkan terima kasih kepada panitia dan dewan hakim, yang bekerja tanpa mengenal lelah dan takut.

Tapi kami minta juga mewaspadai penyebaran Covid-19 ini.

Terkait hadiah umrah untuk juara MTQ dan peraih doorsprize, meski pemerintah Arab Saudi belum mengeluarkan izin Yayasan Haji Anif akan tetap memenuhi janji.

“Kami janji akan tetap memberangkatkan umrah pemenang dan tamu yang mendapatkan hadiah umrah,” jelasnya.

Dia juga minta doa agar penyebaran virus berakhir. Dan kesehatan H Anif dan keluarga agar kegiatan bisa terlaksana lagi di tahun-tahun yang akan datang.

Kepada peserta, Musa Rajekshah mengharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam melafazkan Al-Quran.

Sehingga, Sumut akan tumbuh banyak hafiz dan gudang Tahfiz Quran.

Sebelumnya, kegiatan penutup dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ahmad Khairi Novandra, Qori Remaja Putra Nasional.

Pembacaan doa oleh Wakil Ketua Umum MUI Sumut, Dr H Arso MAg.

Pemenang Lomba

Adapun pemenang yang diumumkan oleh dewan hakim adalah sebagai berikut;

Tingkat Tahfiz Kanak-kanak Putra  Juara 1 s/d III.

Yakni: M Ibnu Habib Nasution (Lembaga BAPQOH SIKA Medan), juara 2, Muhammad Faiz Ramadhani (SD IT Qurrota A’yun Binjai).

Juara 3, M Syaqi Dibran P (MTS Terpadu Daarut Tahfiz Al-Ikhlas Aceh).

Sedangkan Tahfiz Kanak-kanak Putri Juara 1 s/d 3 : Rahmiatul Khairat (MTs.s Ulumul Quran Medan).

Diikuti Mazaya Aqilah (UPT SDN 060949 Medan), dan juara 3, Kayla Aurelia Sitorus (Lembaga BAPQOH SIKA Medan).

Tilawah Kanak-kanak Putra Jura 1 s/d 3 : Gilang Pratama (TPQ Al-Husni Serdang Bedagai).

Diikuti Agus Dwi Padillah (Lembaga BAPQOH SIKA Medan),  dan Indra Setiawan (SMP Islam Terpadu Ad Durooh  Medan).

Tilawah Kanak-kanak Putri Juara 1 s/d 3 : Nafila Anzani Lubis (MTs Al-Manar Desa Kelambir).

Juara 2, Siti Nur Hafizhoh Syarif Sinaga (SMP Muhammadiyah 3 Medan), dan juara 3, Zahra Syafira (Taman Bitiqshamand Medan).

Berhasil meraih Juara Umum peserta dari Lembaga Badan Pembinaan Qari-Qariah, Hafiz-Hafizah dan Seni Kaligrafi AlQuran (Bapqah Sika) Provinsi Sumatera Utara.

Pengunjung kegiatan MTQ juga diberi doorsprize yang diberi hadiah umrah dan hadiah lainnya. (m37)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2