Waspada
Waspada » Minta Mantan Suami Ditangkap, Oknum Jaksa Minta Dibelikan Tiket Pesawat
Medan

Minta Mantan Suami Ditangkap, Oknum Jaksa Minta Dibelikan Tiket Pesawat

KEPALA Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar. Waspada/Rama Andriawan
KEPALA Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar. Waspada/Rama Andriawan

MEDAN (Waspada): Ombudsman RI Perwakilan Sumut masih meneliti laporan Chika Nainggolan, warga Titikuning yang menuntut keadilan atas sikap oknum jaksa di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), yang diduga meminta dibelikan tiket pesawat untuk menangkap mantan suaminya di Kalimantan Barat.

Chika membuat laporan ke Ombudsman RI Perwakilan Sumut pada Kamis (9/1). Warga Titikuning itu, yang menuntut agar mantan suaminya, Yacub Welfrid Hulu, yang 11 tahun lalu telah divonis 10 bulan penjara atas kasus pemukulan terhadap dirinya, bisa segera dijebloskan ke penjara sesuai putusan pengadilan. Namun hingga kini belum terlaksana.

Bahkan, saat melapor di Ombdusman RI Perwakilan Sumut, Chika menuturkan, ia mengaku pernah diminta membelikan 9 tiket pesawat berikut akomodasinya untuk tim jaksa yang akan menjemput mantan suaminya itu dari pelariannya di Sanggau, Kalimantan Barat.

“Kalau saya melihat, apa yang sudah disampaikannya ke Ombudsman, tentu kita sangat prihatin mendengarnya, karena prilaku oknum jaksa yang seperti itu,” kata Kepala Ombdusman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar, saat dikonfirmasi Waspada, Sabtu (11/1).

Ombudsman sangat menyayangkan dugaan sikap tidak etis oknum jaksa Kejatisu tersebut. Apalagi  Chika Nainggolan, hanyalah seorang janda yang berjuang bertahun-tahun agar mantan suaminya  menjalani hukuman sesuai putusan kasasi.

“Dia ini kan seorang janda dan dimintai uang untuk membelikan tiket pesawat ke Kalimantan  Barat. Ini kan sudah tidak benar. Kalau begitulah caranya penegakan hukum, saya pikir tidak akan bisa lah orang miskin mendapatkan keadilan,” ujar Abyadi.

Lengkapi laporan

Ombudsman RI Perwakilan Sumut, masih  meminta kembali Chika untuk melengkapi laporannya agar bisa memenuhi persyaratan formil dan materil. “Setelah itu baru nanti kita bahas dulu. Kalau memang memungkinkan kita juga akan mendatangi Kantor Kejatisu,” ujar Abyadi.

Sementara, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejatisu, Sumanggar Siagian, belum bersedia memberikan tanggapan terkait pengaduan Chika Nainggolan.

Dalam laporan pengaduan Chika di Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Chika pada tahun 2017, pernah mendatangi kantor Kejatisu dan menemui Jaksa berinisal PS yang menangani kasusnya. Ia kemudian dijanjikan, bahwa jaksa bisa menangkap mantan suaminya yang kabur ke Kalimantan Barat, asal dibelikan 9 tiket pesawat.

Dengan rincian, 4 tiket untuk tim jaksa yang akan berangkat   ke Kalimantan Barat dan 5 tiket untuk kepulangan mantan suaminya bersama tim jaksa. Chika mengaku, punya bukti rekaman terkait permintaan oknum jaksa tersebut. (cra)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2