Waspada
Waspada » Meski Tak Berhaji Tahun Ini, Jamaah Asal Medan Tetap Bersyukur
Medan Nusantara

Meski Tak Berhaji Tahun Ini, Jamaah Asal Medan Tetap Bersyukur

MEDAN (Waspada): Tidak jadi berangkat haji tahun ini, tak membuat pasangan suami isteri, Sunarto dan Tumini, berkecil hati. Keduanya justeru merasa bersyukur atas keputusan pemerintah membatalkan penyelenggaraan haji 1441H/2020M ini.

“Saya dan isteri tidak bersedih. Kami justeru bersyukur karena keputusan yang diambil pemerintah sudah sangat tepat,” kata Sunarto, pensiunan pegawai Bulog yang kini berusia 75 tahun kepada Waspada, Selasa (2/6).

Sunarto dan Tumini, warga Sunggal, Kota Medan ini mendaftar haji sejak 2012. Kesabaran keduanya diuji saat pandemi Covid-19 melanda dan membuat pelaksanaan haji tahun ini dibatalkan.

Sunarto menyadari, segala sesuatu yang terjadi di dunia ini pasti atas kehendak Allah SWT. Termasuk untuk urusan ibadah haji.

“Peristiwa pandemi Covid-19 yang membuat seluruh dunia membatalkan keberangkatan haji jamaahnya, tetap harus kita syukuri. Semoga ada hikmah dibalik peristiwa ini,” kata Sunarto yang masih kelihatan gagah di usianya yang telah senja.

Sunarto dan Tumini berharap usia panjang dan kesehatan mumpuni untuk kembali berharap berangkat tahun depan. Keduanya berpesan agar sesama jamaah yang gagal berangkat tahun ini tetap semangat dan menjaga kesehatan.

“Insya Allah kalau panjang umur dan sehat kita bisa berangkat tahun depan,” ujarnya menutup percakapan singkatnya dari ujung telepon.

Sebelumnya, melalui telekonferensi, Selasa (2/6) pagi, Menteri Agama Facrul Razi mengumumkan jika pemerintah tidak memberangkatkan 221 ribu jamaah haji tahun ini akibat masih mewabahnya Covid-19 di seluruh dunia.

Keputusan diambil demi keselamatan jamaah Indonesia, karena khawatir tertular. Jamaah yang gagal berangkat tahun ini akan diberangkatkan tahun depan. (j02)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2