Waspada
Waspada » Medan Kembali Masuk Zona Merah Covid-19
Medan

Medan Kembali Masuk Zona Merah Covid-19

Covid-19.Ilustrasi
Covid-19.Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Kota Medan kembali masuk zona merah atau beresiko tinggi dalam penyebaran virus Covid-19. Berdasarkan data pada Selasa (23/3/2021), jumlah kasus Covid-19 di Kota Medan sendiri mencapai 13.970 orang.

Dari jumlah tersebut 12.314 di antaranya sudah sembuh dan 427 lainnya meninggal dunia. Sedangkan kasus aktif Covid-19 di Kota Medan terdapat sebanyak 1.229 orang.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan menyebutkan, pasien yang aktif Covid-19 Kota Medan saat ini sedang menjalani di rumah sakit. “Ada di rumah (mandiri) dan ada juga yang dirawat di rumah sakit,” katanya Rabu (24/3).

Lanjutnya, bagi pasien yang menjalani perawatan di rumah atau secara mandiri, itu yang mengajukan dari dokter rumah sakit. “Bukan pengajuan dari keluarga, tapi pengajuan dokter penanggungjawab rumah sakit,” katanya.

Menurut dia, saat ini ada lima kecamatan di Kota Medan yang tertinggi kasus aktif Covid-19. “Itu ada lima kecamatan yang paling banyak, Kecamatan Helvetia, Johor, Sunggal Barat dan Selayang,” akunya.

Seperti diketahui, Kota Medan kembali masuk zona merah atau beresiko tinggi dalam penyebaran virus Covid-19.

Penetapan zona merah ini disampaikan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pusat melalui website resminya di laman covid19.go.id/peta-risiko, berdasarkan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah per tanggal 21 Maret 2021.

Satu-satunya

Dalam website itu, Kota Medan merupakan daerah satu-satunya di Provinsi Sumatera Utara yang zona merah. Untuk kabupaten/kota yang zona orange ditetapkan sebanyak 11 daerah.

Yakni, Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Deliserdang, Toba Samosir, Tapanuli Tengah, Sibolga, Batubara, Gunung Sitoli, Binjai, Labuhan Batu Utara, Karo dan Tapanuli Selatan.

Kemudian daerah yang zona kuning terdapat 17 kabupaten/kota, terdiri dari Pakpak Bharat, Samosir, Dairi, Padang Lawas Utara, Nias, Labuhan Batu Selatan, Serdang Bedagai, Padang Lawas, Labuhan Batu, Madina, Padangsidimpuan, Simalungun, Humbahas, Tapanuli Utara, Langkat, Asahan dan Pematang Siantar.

Terakhir pada zona hijau hanya terdapat tiga Kabupaten saja, yaitu Nias Barat, Nias Utara dan Nias Selatan.
Saat dikonfirmasi kepada salah seorang Camat yang wilayahnya masuk zona merah, Camat Medan Johor,

Zulfahri Ahmadi mengatakan bahwa di Medan Johor itu terdapat banyak kafe atau tempat nongkrong.
Dikatakan pihaknya sudah melakukan berbagai cara mulai menghimbau, melakukan pemantauan dan juga setiap malam turun untuk mensosialisasikan prokes.

Bahkan sebutnya di wilayahnya itu sudah terbilang menurun dibanding sebelumnya. Sebelumnya urutan ke 3 sekarang sudah urutan ke 5.

“Saat ini kami terus menegakkan prokes di wilayah ini, disini banyak sekali kafe dan tempat orang berkumpul. Jadi kami terus melakukan pemantauan, sedangkan untuk penindakan akan turun tim dari Pemko Medan,” katanya. (cbud)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2