Waspada
Waspada » Masyarakat Diminta Tetap Jalankan Prokes
Medan

Masyarakat Diminta Tetap Jalankan Prokes

KEPALA Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan. Masyarakat diminta tetap jalankan Prokes. Waspada/Ist
KEPALA Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan. Masyarakat diminta tetap jalankan Prokes. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Kadiskessu), Alwi Mujahit Hasibuan (foto) belum mengetahui kehadiran virus baru terkait Covid-19. Namun masyarakat diminta tetap jalankan protokol kesehatan (prokes).

“Masyarakat diminta tetap menjalankan prokes 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak dan menghindari kerumunan) yang selama ini digalakkan di Sumut,” kata Alwi kepada wartawan di Medan, Senin (8/3).

Dia menanggapi laporan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin terkait temuan empat kasus baru mutasi virus corona B117 di Indonesia.

Temuan yang dinyatakannya itu di luar dua kasus yang sebelumnya ditemukan di Karawang, Jawa Barat. Temuan didapatkan dalam kurun Januari hingga Februari 2021.

Dilaporkan, hasil kerja lab Kemenkes dengan Kemenristek/BRIN sudah ditemukan 4 lagi terkonfirmasi kasus B117.

Yaitu satu di Palembang, Sumatera Selatan, satu di Kalimantan Selatan 6 Januari, 1 juga di Balikpapan, Kalimantan Timur dari 12 Februari. Ke-empat di Medan, Sumatera Utara pada 28 Januari lalu.

Merespon itu, Kadiskessu mengaku belum mengetahui pasti, namun hanya meminta masyarakat tetap menjalankan prokes 3m dan juga 5M yang selama ini juga sudah digalakkan di Sumut.

“Mungkin aja, kalau ditemukan itukan artinya sudah pasti, saya rasa ini masih dugaan. Kalau dugaan mungkin saja,” jelas Alwi Mujahit.

Adapun upaya untuk mencegah penyebaran virus baru ini, pihaknya akan memperketat prokes di Sumut, seperti pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun dan vaksin. Selain itu, ia mengakui memang virus baru ini terbilang cepat penularannya. (cbud)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2