Waspada
Waspada » Masyarakat Diharap Ikut Tangkal Kejahatan
Medan

Masyarakat Diharap Ikut Tangkal Kejahatan

KAPOLDASU Irjen Pol Martuani Sormin berswafoto dengan masyarakat. Masyarakat diharap ikut tangkap kejahatan di Sumut. Waspada/Ist
KAPOLDASU Irjen Pol Martuani Sormin berswafoto dengan masyarakat. Masyarakat diharap ikut tangkap kejahatan di Sumut. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Masyarakat diharap ikut tangkal kejahatan di Sumut, khususnya di Kota Medan.

“Bersama jajaran Poliri, masyarakat diharap ikut tangkal kejahatan untuk menciptakan rasa aman,” kata Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin kepada Waspada, Senin (16/3).

Ini menanggapi tingkat kriminalitas di Kota Medan, Sumut yang masih tinggi.

“Ya, kita harus bersama-sama membuat Sumut, khususnya Kota Medan aman. Saling berbagi informasi dan menjaga wilayah kita dari segala bentuk kriminalitas,” ujar Kapoldasu.

Seperti baru-baru ini, terjadi perampokan terhadap sopir grab online, dimana korban dibunuh dan mayatnya dibuang di Kawasan Percut Seituan.

Dalam kasus itu, dua pelaku abang beradik berhasil diamankan, dan seorang di antaranya tewas diamuk massa.

Dua pelaku disebutkan memesan grab dari depan Hotel Wings Kualanamu, Deli Serdang, dengan tujuan ke Letda Sujono kawasan Medan Tembung, Minggu (15/3).

Namun dalam perjalanan di kawasan Percut Seituan, dua pelaku merampok dan menganiaya korban hingga tewas dan mayatnya dibuang di Kawasan Percut.

Kasus perampokan itu terungkap setelah istri korban curiga, karena suaminya yang berencana pulang, tidak kembali.

Istri korban berusaha mencari tahu keberadaan suaminya melalui teman suaminya sesama sopir grab.

Setelah dilacak menggunakan GPS mobil korban, diketahui melintas di Jalan Letda Sujono, lalu disusul teman sesama grab.

Namun saat hendak diberhentikan, mobil terus melaju, sehingga rekan-rekan korban merasa curiga.

Petugas Polsek Percut Seituan juga ikut mengejar setelah mendapat laporan dugaan perampokan sopir grab itu, dan tak lama mobil dapat dihentikan.

Dari dalam  mobil didapati dua pelaku dan tampak bercak darah. Akibatnya, puluhan rekan korban dan masyarakat menghajar kedua tersangka hingga seorang di antaranya tewas dan seorang lagi kritis.

DItekan Bersama

Masih tingginya tingkat kriminalitas di Medan inilah, menurut Kapolda harus ditekan bersama-sama.

“Kami butuh dukungan masyarakat dan instansi lainnya untuk menekan terjadinya peristiwa peristiwa tersebut,” katanya.

“Kepada jajaran sudah saya tegaskan menindak tegas pelaku kejahatan, apalagi sampai menghilangkan nyawa korbannya,” sebutnya.

Ia mengatakan, tindakan tegas dan terukur (melumpuhkan dengan tembakan) perlu dilakukan, sehingga pelaku kejahatan berpikir ulang untuk berbuat.

“Sebab itu dukungan masyarakat dan lembaga lainnya kami harapkan demi menjaga Kota Medan dan kota lainnya di Sumut aman dari tindak kriminalitas,” ujarnya. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2