Waspada
Waspada » Masjid Nurul Huda Ini Dulunya Mushalla Aisyah
Medan

Masjid Nurul Huda Ini Dulunya Mushalla Aisyah

 

MEDAN (Waspada): Masjid Nurul Huda yang terletak di Jl. Brigjen Katamso Gang Netral, Kel. Kampung Baru, Kec. Medan Maimun ini dulunya berupa mushalla.

Tahun 1963, masjid ini merupakan sebuah mushalla yang diberi nama Aisyah. Bangunan mushallanya hanya terbuat dari papan dengan setengah batu bata.

Dinamai Mushalla Aisyah dikarenakan pemilik tanah yang mewakafkan tanahnya tersebut untuk membangun mushalla atau masjid, bernama Aisyah.

‘’Tanah masjid ini adalah tanah wakaf dari Hajjah Komput atau bernama Hajjah Aisyah,’’ ucap Syaiful Arief (Mak Andung) salah seorang keluarga pewakaf didampingi Amar bin Nasir, salah seorang pengurus BKM Masjid Nurul Huda dan Syamsul Bahri, imam masjid kepada Waspada, Sabtu (24/4).

Amar selaku seksi Keuangan dan Bangunan BKM Masjid Nurul Huda Kampung Baru menyebutkan Mushalla Aisyah ini berubah menjadi masjid pada tahun 1980-an.

‘’Tahun 80-an Mushalla Aisyah dibangun dan berubah menjadi masjid yang kemudian diberi nama Masjid Nurul Huda sampai saat ini,’’ jelasnya.

Amar juga mengatakan, keberadaan Masjid Nurul Huda menjadi kebanggaan masyarakat didalam maupun diluar lingkungan masjid tersebut.

Masjid ini membuat jamaah nyaman karena memiliki genset dan sound sistem yang bagus. ‘’Jamaah rutin shalat di masjid ini sebanyak 60 sampai 70 orang setiap hari, terdiri dari masyarakat sekitar dan ada beberapa orang yang lewat,’’ ujarnya.

Amar mengatakan selama pandemi Covid-19 hingga saat ini, aturan untuk shalat di masjid ini memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat seperti wajib mengenakan masker.

‘’Pihak masjid menyediakan sabun di air kran untuk cuci tangan dan memberikan masker kepada jamaah yang lupa membawa masker,’’ tuturnya.

Selain membentang spanduk peringatan tentang prokes Covid-19, menjelang shalat dan setelah shalat wajib, peringatan dilakukan melalui pengeras suara agar masyarakat disiplin melaksanakan prokes.

Khusus Ramadhan tahun ini, Masjid Nurul Huda melaksanakan shalat tarawih berjamaah, tausiyah usai shalat subuh setiap selasa dan jumat, tadarus setiap malam untuk anak-anak remaja dan subuh tadarus ibu-ibu.

‘’Selain menggelar acara buka puasa bersama selama Ramadhan, BKM Masjid Nurul Huda ini juga menggelar buka puasa di luar Ramadhan yakni puasa setiap Senin Kamis,’’ ujar Amar.

Dalam kesempatan itu, imam Masjid Nurul Huda Syamsul Bahri menambahkan selama Covid-19 ini, infaq berkurang. ‘’Rencana BKM membuat halaman parkir semoga dapat terwujud,’’

tandasnya.(m29)

Waspada/Andy Aditya
Suasana buka puasa Ramadhan 1442 H di Masjid Nurul Huda Jl. Brigjen Katamso Gang Netral Medan, Sabtu (24/4).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2