Waspada
Waspada » Masjid Jamik Kampung Baru Berusia Hampir 106 Tahun
Medan

Masjid Jamik Kampung Baru Berusia Hampir 106 Tahun

MASJID Jamik Jl. Brigjen Katamso Gang Masjid, Kampung Baru, Medan Maimun yang usianya hampir 106 tahun. Waspada/Andy Aditya
MASJID Jamik Jl. Brigjen Katamso Gang Masjid, Kampung Baru, Medan Maimun yang usianya hampir 106 tahun. Waspada/Andy Aditya

MEDAN (Waspada): Masjid Jamik Jl. Brigjen Katamso Gang Masjid, Kelurahan Kampung Baru, Kec. Medan Maimun ini dibangun 1915. Kini usianya hampir 106 tahun.

Masjid Jamik ini merupakan salah satu masjid tertua di Kota Medan atau tepatnya dibangun 6 tahun setelah Masjid Raya Al Mashun berdiri.

Di mana Masjid Raya Al Mashun yang merupakan Masjid Kesultanan Deli dan salah satu ikon Kota Medan tersebut berdiri 1906 dan selesai dibangun 1909.

‘’Masjid Jamik ini di bangun tahun 1915 oleh Datok H Ali Muda Kesawan,’’ ujar Ketua BKM Masjid Jamik, H Azhari kepada Waspada, Selasa (4/5).

H Azhari yang menjabat sebagai ketua BKM sejak 2020 mengatakan, dibangunnya Masjid Jamik waktu itu dikarenakan tidak ada masjid disepanjang Jalan Brigjen Katamso, dari Avros hingga Kebun Binatang Lama Medan.

Kegiatan sehari-hari masjid antara lain, pengajian satu minggu sekali setiap malam kamis usai magrib sampai menjelang shalat isya.

‘’Lalu magrib mengaji juga digelar abis shalat magrib sampai menjelang shalat Isya setiap hari kecuali hari minggu. Jamah masjid shalat fardu rata-rata 50 orang setiap hari dan shalat jumat mencapai 100 orang lebih,’’ ujarnya.

Selama bulan puasa Ramadhan 1442 H ini, kegiatan di masjid berupa buka puasa bersama, tadarus, tarawih 23 rakaat. ‘’Sejak pandemi sampai saat ini, jamaah yang datang ke masjid diwajibkan mengenakan masker dan masjid menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dibagian depan masjid,’’ sebutnya.

H Azhari mengharapkan Masjid Jamik yang hampir berumur 106 tahun ini agar dijadikan cagar budaya. ‘’Kami juga berharap pemerintah memperhatikan kondisi masjid karena usianya sudah tua,’’ tandasnya.(m29)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2