Masjid Ar Rohaniah Terima Zakat Fitrah Dan Fidyah

  • Bagikan
SUASANA pembayaran zakat fitrah di Masjid Ar Rohaniah Jl. Selamat Ujung, Kel. Sitirejo III, Kec. Medan Amplas, Senin (10/5).Waspada/Andy Aditya
SUASANA pembayaran zakat fitrah di Masjid Ar Rohaniah Jl. Selamat Ujung, Kel. Sitirejo III, Kec. Medan Amplas, Senin (10/5).Waspada/Andy Aditya

MEDAN (Waspada): Masjid Ar Rohaniah di Jl. Selamat Ujung, Kel. Sitirejo III, Kec. Medan Amplas menerima pembayaran zakat fitrah maupun fidyah dari masyarakat seminggu menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

‘’Hingga malam takbiran pukul 21.00, BKM Masjid Ar Rohaniah masih menerima pembayaran zakat fitrah dan fidyah dari masyarakat,’’ ujar Burhan Sinaga, bendahara BKM Masjid Ar Rohaniah kepada Waspada, Senin (10/5).

Burhan menyebutkan, penerimaan zakat fitrah maupun fidyah dari masyarakat sampai pukul 21.00 WIB agar penyaluran zakat kepada warga yang berhak menerimanya lebih cepat dan pembagian beras kepada kaum dhuafa tersebut bisa dilakukan sebelum tengah malam.

‘’Masyarakat yang mampu bisa menyalurkan zakat fitrah dengan membawa beras 2,7 kg atau senilai Rp33 ribu per orang, sedangkan pembayaran fidyah Rp10 ribu atau 0,7 kg beras per orang,’’ jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Burhan menjelaskan sepanjang Ramadhan ini, berbagai kegiatan keagamaan dilakukan di masjid ini dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat.

‘’Sejak awal Ramadhan masjid diramai. Pada tanggal 8 Mei kemarin, sebanyak 10 orang di masjid ini telah khatam Alquran,’’ ujarnya.

Kegiatan Mengaji

Sedangkan kegiatan rutin sepanjang Ramadhan berupa ceramah agama di malam hari, 4 kali dilakukan dalam satu bulan atau seminggu sekali.

‘’Selain menggelar tarawih berjamaah setiap malam dan buka bersama setiap hari, juga digelar kegiatan mengaji oleh anak-anak remaja masjid setiap malamnya,’’ tutur Burhan.

Selain dari masyarakat sekitar, jamaah Masjid Ar Rohaniah berasal dari warga yang melintas. ‘’Tarawih 23 rakaat diisi lebih kurang 75 jamaah, untuk shalat subuh sekitar 50 orang. Shalat zuhur dan ashar lebih kurang 30 orang. Sedangkan shalat magrib dan isya sekitar 60 orang,’’ jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Burhan Sinaga menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 H di Masjid ini dimulai pukul 07.15 WIB.

Seperti diketahui, Masjid Ar Rohaniah ini dibangun 10 Desember 1980 dan diresmikan pemakaiannya 1 Mei 1981 dan bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Ani Idrus (YPAI) Medan.

‘’Lima tahun yang lalu, Wali Kota Medan yang masih dijabat Tengku Dzulmi Eldin hadir di masjid ini dalam rangkaian kegiatan Road To Dakwah Harian Waspada,’’ kenang Burhan.(m29)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *