Waspada
Waspada » Marwan Dasopang Bantah Haji Tunda Akibat Hutang
Medan

Marwan Dasopang Bantah Haji Tunda Akibat Hutang

Wakil Ketua Komisi VIII DPRRI, Marwan Dasopang. Waspada/ist
Wakil Ketua Komisi VIII DPRRI, Marwan Dasopang. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Pasca pemeritah mengumumkan tidak ada pemberangkatan jamaah calon haji (Calhaj) asal Indonesia tahun 2021 ini, sejumlah rumor beredar di tengah masyarakat yang menyebutkan dibatalkannya berangkat karena pemerintah tidak membayar akomodasi jamaah haji kepada pemerintah Arab Saudi.

Ada pula pemberitaan yang menyebutkan Malaysia menerima tambahan kuota haji 10 ribu.

Hal ini semakin membingungkan Calhaj yang sudah menanti keberangkatan sejak tahun 2020 lalu.

Wakil Ketua Komisi VIII DPRRI, Marwan Dasopang (foto) saat dikonfirmasi, Kamis (3/6) membantah hal itu.

“Belum ada negara yang dapat kuota untuk haji 2021. Berita itu jika pendemi covid tidak ada. Inikan sedang pandemi seluruh dunia,” katanya.

Terkait rumor yang menyebut penundaan ini akibat hutang pemerintah terkait pemondokan dan lain-lain kepada pemerintah Arab Saudi, inipun dibantah Marwan.

“Tidak ada utang pemondokan, karena memang tidak ada meknisme berutang dalam penyiapan kebutuhan jamaah di Arab Saudi itu semua berita bohong. Alasan utama tidak berangkatkan jamaah semata mata demi keselamatan jamaah di tengah pandemi dan juga kenyamanan beribadah,” pungkasnya.

Sebagai mana diketahui, melalui Kementerian Agama resmi menunda keberangkatan haji tahun 2021.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2