Waspada
Waspada » Luapan Air Sungai Deli Rendam Pemukiman Warga Medan Utara 
Medan

Luapan Air Sungai Deli Rendam Pemukiman Warga Medan Utara 

ARUS lalulintas di Jl. KL Yos Sudarso Km 13 simpang Martubung Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan terkendala akibat luapan air Sungai Deli, Jumat (4/12). Waspada/Andi Aria Tirtayasa
ARUS lalulintas di Jl. KL Yos Sudarso Km 13 simpang Martubung Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan terkendala akibat luapan air Sungai Deli, Jumat (4/12). Waspada/Andi Aria Tirtayasa

MEDAN (Waspada): Ribuan rumah di kawasan Medan Utara tergenang luapan air Sungai Deli sejak Jumat (4/12) pukul 02:00 hingga hingga pukul 15:00 WIB.

Selain merendam rumah-rumah warga dan rumah ibadah yang lokasinya di sekitar tanggul sungai, luapan air juga menggenangi badan jalan di sepanjang Jl. Yos Sudarso Medan-Belawan.

Ketinggian air yang mencapai lutut orang dewasa membuat arus lalulintas terganggu, apalagi banyak kendaraan bermotor yang terjebak banjir dan mesinnya mogok tiba-tiba.

Banjir terparah terlihat di sekitar benteng Sungai Deli Jl. KL Yos Sudarso simpang Martubung Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan dan Taman Maharani simpang Aloha.

Luapan air melewati tanggul Sungai Deli mengakibatkan Jl. KL Yos Sudarso Km 13 terendam banjir.
Genangan banjir Sungai Deli juga merendam halaman Masjid Al Abrar Jl. KL Yos Sudarso Km 12,5 Kelurahan Titipapan Kecamatan Medan Deli. Meski tergenang air namun aktivitas Shalat Jumat tetap berlangsung.

Terjebak Banjir

Seorang warga Martubung bernama Syahril ,50, menyebutkan banjir yang terjadi sejak dinihari hingga pukul 15:00 membuat arus transportasi terganggu, karena banyak pengendara kendaraan bermotor yang terjebak banjir dan mesin kendaraannya mati tiba-tiba.

“Sekitar setengah jam lalu, air deras mulai melewati benteng sungai dan merendam rumah warga dan jalan raya,” ujar Syahril yang bersama sejumlah warga lainnya terus memantau kondisi debit air Sungai Deli serta mengatur arus lalu lintas di sekitar persimpangan Jembatan Aloha Taman Maharani Kecamatan Medan Labuhan.

Genangan air yang merendam ruas dan badan Jl. KL Yos Sudarso tersebut, juga mengakibatkan arus lalu lintas dari arah Belawan-Medan sebaliknya mengalami kemacetan.

Pantauan Waspadaq, selain di Kecamatan Medan Deli dan Medan Labuhan, luapan air Sungai Deli yang merangsek melalui gorong-gorong juga merendam ratusan rumah warga di kawasan Jl. Datuk Rubiah, Kelurahan Rengas Pulau, Medan Marelan, Jl. KL Yos Sudarso, Titipapan dan kawasan Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli.

Sementara itu, puluhan warga tampak berjaga-jaga disepanjang bantaran Sungai Deli untuk memantau perkembangan debit air yang diperkirakan akan terus meningkat karena dorongan dari arah hulu sungai. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2