Waspada
Waspada » LPPM Unimed Gelar Konferensi Internasional
Medan

LPPM Unimed Gelar Konferensi Internasional

PARA narasumber konferensi internasional yang digelar LPPM Unimed dan RSF secara virtual. Waspada/ist
PARA narasumber konferensi internasional yang digelar LPPM Unimed dan RSF secara virtual. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) bekerja sama dengan Research Synergy Foundation (RSF) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan gelar konferensi berskala internasional.

LPPM Unimed gelar konferensi internasional yang dilaksanakan 2-6 November 2020 itu bertajuk The 4th International Conference on Community Research and Service Engagements (IC2RSE).

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi, konferensi ini berhasil diadakan secara virtual melalui aplikasi zoom.

Sebanyak 244 presenter dan 130 attendee dari 11 negara telah terdaftar menghadiri konferensi ini.

Konferensi internasional ini dihadiri oleh peserta dari berbagai negara seperti Indonesia, Pakistan, Nigeria, Philipines, Bhutan, Morroco, Malaysia, Tanzania, Cambodia, Nepal dan India, dengan mengangkat tema “Opportunities and Challenges of Education, Technology, Innovation, Social and Community Service Research In New Normal”.

Dr Diky Setya Diningrat selaku ketua acara IC2RSE, membuka acara ini. Dilanjutkan Rektor Unimed Dr  Syamsul Gultom, SKM., M  Kes. Ia menyambutkan para peserta dalam IC2RSE dengan penuh antusias.

Dr  Hendrati Dwi Mulyaningsih selaku ketua dari Research Synergy Foundation (RSF) menjelaskan mengenai latar belakang terbentukanya Global Research Ecosystem yang dibangun oleh RSF.

Ini didasari karena banyaknya peneliti yang mempunyai keterbatasan untuk mengakses literatur, kesempatan untuk berkolaborasi dan juga mengakses teknologi.

Keadaan ini mengakibatkan publikasi di jurnal yang bereputasi menjadi sebuah tantangan besar karena berbenturan dengan berbagai keterbatasan yang ada.

Nara Sumber

Para nara sumber ahli diundang dalam IC2RSE seperti Dr. Faizan Ali sebagai Asisten Professor dari University of South Florida, Sarasota-Manatee USA. Nara sumber kedua yaitu Philip Dooner yang merupakan asosiasi penerbit dari F1000 Research Ltd. United Kingdom.

Nara sumber ketiga yaitu, Prof  Dr  Syawal Gultom, M.Pd. yang merupakan ketua senat dari Unimed representasikan oleh Dr Diky Setyadiningrat dari Unimed.

Konferensi yang diselenggarakan selama lima hari berturut-turut ini memberikan wadah bagi para dosen Unimed secara khusus serta peneliti lain secara umum untuk berbagi penelitiannya dan mendapatkan pengetahuan serta ilmu dari para peneliti dan penulis lainnya dalam sesi presentasi.

Kegiatan ini merupakan wujud komitmen dari LPPM Unimed untuk tetap meningkatkan kualitas penelitian, pengembangan pendidikan, dan upaya memajukan sumber daya manusia sehingga memiliki daya saing dan kompetensi secara global.

Pertemuan ilmiah semacam ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi seluruh pihak terkait, juga meningkatkan produktivitas sumber daya manusia, membangun dan memperkuat kolaborasi ilmiah, serta mempromosikan kontribusi dan inovasi di berbagai bidang ilmu pengetahuan kepada khalayak luas. (m19)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2