Waspada
Waspada » LP3I Medan Politeknik Swasta Terbaik LLDikti 1
Medan

LP3I Medan Politeknik Swasta Terbaik LLDikti 1

LP3I
DIREKTUR LP3I Medan, Syahril Sutan Saidi SE MSi (6 dari kiri) dan sejumlah staf menunjukkan 6 penghargaan terbaik 1 dalam kelengkapan dokumen 7 standar PT.(Waspada/ist)

LEMBAGA Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Medan meraih penghargan sebagai Politeknik swasta terbaik berdasarkan evaluasi mutu Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara.

LLDikti merupakan perpanjangan tangan Pemerintah terhadap PT sebagai fungsi koordinasi dengan perguruan tinggi negeri dan swasta. Salah satunya adalah untuk melaksanakan bimbingan penyelenggaraan program tri dharma perguruan tinggi.

Setiap tahun, LLDikti mengadakan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi ke se-luruh perguruan tinggi yang berada di bawah naungan LLDikti wilayah-nya masing-masing.

Hal tersebut bertujuan agar perguruan tinggi yang berada di bawah naungan LLDikti  terjaga mutunya dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi sehingga dapat menghasilkan para lulusan yang berkualitas.

Untuk LLDikti Wilalayah I (Sumatera Utara), mengingat pentingnya pengakuan akreditasi pada setiap PT, maka pada tahun 2019 sistem monitoring dan evaluasi LLDikti Wilayah I telah melaksanakan kegiatan berbeda yaitu melakukan monitoring dan evaluasi mengikut 7 (tujuh) standar akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kegiatan monitoring dan evaluasi mutu pelaksanaan tri dharma PT tersebut telah dilakukan oleh LLDikti Wilayah I pada bulan Oktober hingga Desember 2019.

Sebagai apresiasi dan penyemangat bagi PT dalam meningkatkan mutu, maka LLDikti melakukan penilaian dan penghargaan terhadap kelengkapan dokumen 7 standar setiap PT.

LLDikti pun memberikan penghargaan kepada PT terbaik dalam kelengkapan dokumen setiap standar. Penghargaan tersebut dibagi dalam  5 (lima) kategori, yaitu kategori universitas, sekolah tinggi, institut, akademi, dan politeknik.

Terdapat 11 politeknik yang berada di bawah naungan LLDikti Wilayah I, salah satunya adalah Politeknik LP3I Medan. Berdasarkan hasil pelaksanaan monitoring dan evaluasi, Politeknik LP3I Medan akhirnya berhasil meraih predikat terbaik atau juara umum.

LP3I Medan menjadi Politeknik swasta terbaik di lingkup LLDikti Wilayah I dalam hal pelaksanaan & kelengkapan dokumen 7 standar akreditasi PT sekaligus memboyong 6 (enam) penghargaan terbaik 1 dalam kelengkapan dokumen 7 standar dimaksud.

Prof. Dian Armanto selaku Kepala Lembaga Layanan Dikti 1 saat menyerahkan penghargaan mengucapkan selamat kepada Politeknik LP3I Medan. Dia menilai penghargaan yang diraih menjadi pertanda bahwa Politeknik LP3I Medan sudah menjaga mutu.

“Mudah-mudahan dengan meraih penghargaan ini, LP3I Medan bisa terus menjadi Politeknik yang lebih baik lagi di tahun berikutnya dan menyumbang para lulusan yang bermutu,” ujar Prof. Dian Armanto.

 Bersyukur

Direktur Politeknik LP3I Medan, Syahril Sutan Saidi SE MSi, mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada LLDikti Wilayah I yang telah memberikan penghargaan kepada Politeknik LP3I Medan.

Dikatakannya, penghargaan ini semakin menambah semangat dan motivasi pihaknya untuk terus mempertahankan bahkan meningkatkan mutu pendidikan, sehingga dapat terus melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Menurut Syahril, sebagai sebuah institusi pendidikan, Politeknik LP3I Medan ingin membantu pemerintah dalam menciptakan SDM terampil siap kerja, wirausahawan muda dan mengurangi pengangguran di Indonesia.

“Politeknik LP3I Medan dituntut untuk terus-menerus memperbaiki kualitas pendidikannya, agar lulusannya dapat diserap oleh dunia industri dan menjadi wirausahawan muda,” kata Syahril.

Di samping itu, kata Syahril, Politeknik LP3I Medan juga harus menciptakan lulusan yang bermoral, berakhlak baik, dan memiliki karakter kebangsaan.

Syahril mengungkapkan tantangan revolusi industri 4.0 dan bonus demografi harus direspon secara cepat dan tepat oleh seluruh pemangku kepentingan di pemerintah. Menurutnya hal itu dapat dilakukan melalui lingkungan Kemenristekdikti agar mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

“Untuk itu Pendidikan Tinggi wajib merumuskan kebijakan strategis dalam berbagai aspek mulai kelembagaan, bidang studi, kurikukulum, sumber daya, serta pengembangan cyber campus, dan risbang hingga inovasi,” ujarnya.

Disebutkannya, salah satu issue perbaikan, perubahan dan pengembangan Politeknik LP3I Medan adalah melaksanakan penjaminan mutu yang komprehensif, implementasi budaya kerja kelembagaan, lembaga sertifikasi ptofesi, pendirian program studi baru S1 Terapan (D4).

Selain itu mengembangkan Creative Industry Student Center dan perbaikan kelembagaan lainnya guna meraih kemajuan Politeknik LP3I Medan yang lebih mengedepankan konsep baru equity/performance, daripada konsep lama berbasis equality sehingga bisa mengcreate the new silicon valley.

Syahril pun mengajak semua civitas akademika Politeknik LP3I Medan meningkatkan komitmen guna mewujudkan perubahan demi kemajuan Politeknik LP3I Medan dalam meningkatkan kompetensi dan kemandirian lulusannya.

“Politeknik LP3I Medan harus maju sebagai job placement and entrepreneur education dan moral force. Mestinya hal itu dirasakan juga sebagai salah satu bentuk kontribusi bagi bangsa Indonesia,” ucapnya.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Polteknik LP3i saat ini sedang melaksanakan proses penerimaan mahasiswa baru 2020-2021, dan kami telah siap dengan fasilitas PBM dalam masa pandemik covid19 ini dengan infrastruktur (sarana prasarana) dan mutu pengelolaan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode daring.

Dalam waktu dua bulan ini PLM telah rutin melaksanakan kegiatan daring baik PBMnya, penunjang PBM maupun Webinar berskala nasional yang rutin dilaksanakan.

Kegiatan Pra Kuliah yang diikuti oleh sebahagian mahasiswa angkatan 2020-2021 yang sudah registrasi.Alamat kampus LP3i :

  1. a) Jl Sei Serayu No 48 D Medan dan
  2. b) Jl Platina Raya 8 ABC Medan Marelan. (adv)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2