LLDikti: Lulusan PT Dituntut Berfikir Kritis

LLDikti: Lulusan PT Dituntut Berfikir Kritis

  • Bagikan
KEPALA LLDikti Wilayah 1 Sumut, Prof. Ibnu Hajar, MSi memberikan sambutan secara daring saat pelaksanakan wisuda UISU Periode II TA 2020/2021, Sabtu (28/8). Waspada/ist
KEPALA LLDikti Wilayah 1 Sumut, Prof. Ibnu Hajar, MSi memberikan sambutan secara daring saat pelaksanakan wisuda UISU Periode II TA 2020/2021, Sabtu (28/8). Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 1 Sumut, Prof. Ibnu Hajar, MSi mengatakan, sarjana baru harus meningkatkan kemampuan dalam memenangkan kompetisi di era terbuka saat ini.

“Salah satunya adalah kemampuan untuk berkolaborasi dan berfikir kritis,” kata  Prof. Ibnu Hajar, MSi dalam sambutannya secara daring yang disampaikan saat pelaksanakan wisuda Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Periode II TA 2020/2021 di Auditorium UISU Jl. SM Raja Medan, Sabtu (28/8).

Menurut Prof. Ibnu Hajar, lulusan UISU harus fokus untuk menekuni bidang keahlian dan meningkatkan kemampuan baru.

“Kemampuan komunikasi dengan perangkat digital, kemampuan berkolaborasi, berfikir kritis dan pemecahan masalah, sehingga saudara bisa memenangkan kompetisi di era terbuka saat ini dan akan datang,”ujarnya.

Wisuda UISU Periode II ini melantik 822 sarjana dan pascasarjana dari 9 fakultas di lingkungan UISU dan dilaksanakan secara daring untuk kali pertama. Kegiatan wisuda langsung di buka Ketua Senat UISU, Prof. Ir. Djohar Arifin Husin dan didampingi Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP beserta seluruh Wakil-wakil Rektor serta Ketua Pembina Yayasan UISU. T. Hamdy Osman  Delikkan Alhajj,

Daya Saing

Masih menurut kepala LLDikti, pelaksanaan wisuda ini sebagai capaian prestasi UISU dalam upaya memberi kontribusi bagi bangsa dan negara.

“Semoga pada masa datang UISU semakin memiliki prestasi dan punya daya saing,”ucapnya.

Sementara itu, Rektor UISU, Dr. Yanhar Jamaluddin, MAP menegaskan UISU berhasil melahirkan lulusan-lulusan berkompenti, berkarakter, dan berjiwa Islami sebagaimana misi UISU  mengedepankan pendidikan unggul, berkompetensi, berakhlak mulia, serta bernilai Islami, melaksanakan pendidikan yang diikuti dengan nilai keislaman, serta mengharap ridho Allah Swt.

“Sehingga pendidikan yang diberikan selalu melekat dalam ingatan dan akan menjadi tanggungjawab bagi para wisudawan,”ujarnya.

Dikatakannya bahwa gelar akademik adalah bukti pengakuan universitas terhadap kompetensi yang diperoleh. “Ketercapaian yang diraih tentunya merupakan hasil ketekunan, kesabaran, dan keikhlasan yang dilakukan, serta adanya dukungan moral dan doa keluarga dan sahabat,”ucap Rektor.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. Ismet Danial Nasution, drg. P.hD, Pros (K) FICD menyatakan apa yang dicapai UISU hari ini merupakan eksistensi dan komitmen UISU untuk mencerdaskan  kehidupan bangsa yang diperoleh berkat hasil kerjasama sangat baik dan solidaritas tinggi segenap keluarga besar UISU.

“Dukungan, kerjasama dan kepercayaan dari berbagai pihak termasuk instansi pemerintah pusat dan daerah, kalangan swasta dan masyarakat menyempurnaan pencapaian Wijha/visi melalui berbagai bentuk implementasi catur dharma khittah/missi UISU khusus bidang pendidikan dan pengajaran menghasilkan lulusan Islami, handal, teruji dan bermartabat mulia, dicintai masyarakat dan diridhoi Allah Swt,”ujarnya. (m19)

  • Bagikan