Lima Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Sahur Dan Berbuka Puasa

Lima Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Sahur Dan Berbuka Puasa

  • Bagikan
DEKAN Fakultas Syariah dan Hukum UINSU, Dr H Ardiansyah, Lc, MAg. Waspada/ist
DEKAN Fakultas Syariah dan Hukum UINSU, Dr H Ardiansyah, Lc, MAg. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Melaksanakan sahur adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW yang penuh berkah. Sebab, sahur persiapan untuk mengawali puasa pada hari itu.

Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumut, Dr H Ardiansyah, Lc, MAg (foto), Senin (12/4).

“Maka sahurlah kita dengan yang baik dan tidak berlebihan sehingga tidak memberatkan untuk melaksanakan shalat Subuh,” ujarnya.

Disebutkannya, banyak nasehat dokter yang sudah menjelaskan tentang makan dan minum yang cocok ketika sahur dan demikian juga ketika berbuka.

Kata dia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sahur dan demikian juga berbuka:

1. Mempersiapkan hidangan yang terbaik untuk keluarga dengan memperhatikan kehalalan dan gizinya.

2. Sahur dan berbuka secara berjamaah dengan anggota keluarga. Diawali dengan doa dan makan bersama dengan saling bertukar cerita. Saat itu dapat digunakan orangtua memberikan nasehat dan petuah-tuah yang baik untuk anak-anak kita.

3. Makanan dan minuman yang tetap dihidangkan pada masa Rasulullah SAW adalah kurma dan air zam-zam.

4. Pelaksanaan sahur diakhir waktu yaitu menjelang masuknya waktu subuh. Sedangkan berbuka dilaksanakan segera masuk waktu maghrib, sebagaimana hadis Nabi SAW yang artinya: “Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka” (HR. Al-Bukhari 4/173 dan Muslim 1093). Dengan demikian sahur hendaklah dipersiapkan dengan baik pada waktu sahur dan berbuka.

5. Berdoa pada waktu sahur dan berbuka. Diantara waktu yang mustajab adalah pada saat berbuka.Hal itu berdasarkan hadis Nabi SAW: ‘”Ada tiga doa yang tidak tertolak; Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang yang terzalimi.” (HR. at-Tirmidzi). (m22)

  • Bagikan