Waspada
Waspada » Lansia Perlu Waspadai Kanker
Medan

Lansia Perlu Waspadai Kanker

 

MEDAN(Waspada): Para Lanjut Usia (Lansia), sangat perlu mewaspadai penyakit kanker dan memotivasi seorang penderita kanker, agar tetap semangat dalam menjalani hidup.

Hal itu disampaikan Ketua Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) Sumatera Utara, Hj Halimah Hutagalung, (foto) Kamis (4/2) sekaitan Hari Kanker Dunia pada 4 Februari.

Halimah Hutagalung menyebutkan, kesertaan atau partisipasi Lansia bagi penderita kanker sangat perlu, dalam rangka membantu memberikan rasa nyaman pada penderita.

Karenanya, sebagai upaya memberikan motivasi, kaum lansia juga perlu mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan diri secara rutin.

“Jika kita sehat, maka kita bisa memberi dukungan pada yang sakit,”ujarnya.

Sebelum Pandemi Covid-19,lanjut Halimah Hutagalung LPPLU, selalu mengadakan kegiatan memperingati Hari Kanker Dunia.

Selain mendukung penderita kanker agar semangat dalam menjalani hidup, juga mendapatkan ilmu pengetahuan untuk hidup sehat diberikan para pakar kesehatan dalam kegiatan seminar.

“Begitupun jika ada lansia menderita kanker,kita juga perlu memberi penyuluhan bagaimana mengurangi rasa sakit,membesarkan hati penderita (tindakan paliatif) mendampingi dan mengajaknya berdoa ,memberi makanan sehat yang sesuai untuk lansia.

Menurut catatan Dr. dr. Probosuseno, SpPD, KGer, FINASIM, SE, yang dimuat di geriatri.id terkait perawatan penyakit kanker, khususnya pada lansia, di indonesia.

Dari semua masalah tersebut, lebih dari 50% pasien membutuhkan perhatian yang lebih dari tenaga kesehatan untuk mengatasi masalah mereka.

Dan perawatan paliatif adalah pendekatan yang dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga mereka terkait penyakit yang mengancam nyawa tersebut.

Perawatan paliatif, mencakup pencegahan dan pengurangan penderitaan pasien dengan melakukan identifikasi sejak dini, penilaian yang sempurna, dan perawatan untuk mengatasi rasa sakit, dan masalah lainnya, termasuk fisik, psikososial dan spiritual.

Inti dari perawatan paliatif pada pasien aknker adalah untuk menjaga kualitas hidup terbaik bagi pasien sepanjang kehidupan mereka dan tercapainya dukungan keluarga saat pasien hidup dan meninggal.
Demikian Halimah Hutagalung.(m22)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2