Waspada
Waspada » Lansia Juga Perlu Dapatkan Vaksin Covid-19
Medan

Lansia Juga Perlu Dapatkan Vaksin Covid-19

KETUA Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) Kota Medan, Hj Fahrizar Iskandar. Lansia juga perlu dapatkan Vaksin Covid-19. Waspada/Ist
KETUA Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) Kota Medan, Hj Fahrizar Iskandar. Lansia juga perlu dapatkan Vaksin Covid-19. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Kelompok Lanjutkan Usia (Lansia) juga perlu dapatkan vaksin Covid-19 dan pemahaman tentang vaksin tersebut di masa pandemi Covid-19 ini.

Hal itu disampaikan Ketua Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) Kota Medan, Hj Fahrizar Iskandar (foto), Jumat (5/2).

Kata dia, dalam kegiatan Webinar Word Cancer Day 2021 Vaksin Covid-19 dan Kanker bersama Kementerian Kesehatan RI juga dibahas pentingnya lansia mendapatkan Vaksin Covid-19.

“Dalam diskusi itu terungkap bahwa para lansia juga perlu mendapat pemahaman tentang vaksin covid-19. Dimana lansia juga perlu mendapatkannya,namun ada ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Disebutkannya, dari pemaparan narasumber dalam Webinar disebutkan bahwa para lansia boleh mendapatkan Vaksin Covid-19, tetapi harus dilakukan pemeriksaan secara detail. Termasuk apakah lansia itu punya penyerta seperti hipertensi, sakit jantung, sakit ginjal dan sakit gula.

“Jika lansia memiliki penyakit penyerta itu, maka mereka tidak boleh vaksin Covid-19. Namun bagi mereka mengidap sakit paru dan asma, boleh di vaksin tetapi dalam pengawasan dokter,”sebutnya.

Maka, sambung dia, sosialisasi bagi lansia akan hal ini sangat perlu dalam rangka memahami mengapa ada perbedaan antara masyarakat yang boleh di vaksin dan yang tidak boleh.

“LPPLU Kota Medan berharap, sebelum pelaksanaan vaksin untuk lansia,disampaikan sosialisasi, sehingga ilmu kami bertambah.

Sebagaimana ditulis detikhealth, Menkes menyebut kelompok lansia akan disuntik vaksin yang sudah uji klinis pada mereka di atas 60 tahun. Lansia bakal disuntik sekitar Maret-April dengan vaksin Pfizer atau AstraZeneca, lalu dilanjutkan dengan masyarakat umum. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2