Kurban Memberi Makna Luas Bagi Dunia Pendidikan

Kurban Memberi Makna Luas Bagi Dunia Pendidikan

  • Bagikan
KADISDIK  Kota Medan, Dr Adlan, SPd,MM melaksanakan penyembelihan langsung untuk 8 ekor hewan kurban, yakni 6 ekor lembu 2 ekor kambing. Waspada/Anum Saskia
KADISDIK  Kota Medan, Dr Adlan, SPd,MM melaksanakan penyembelihan langsung untuk 8 ekor hewan kurban, yakni 6 ekor lembu 2 ekor kambing. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada): Melaksanakan kurban bagi umat Islam, memberi makna luas bagi dunia pendidikan. Demikian antaranya disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Dr. Adlan,SPd, MM, Rabu (21/7) di sela kegiatan penyembelihan 8 ekor hewan kurban.

Kegiatan dilaksankan BKM Masjid Raudah Disdik Medan dengan pekurban kepala SMPN dan SDN serta staf pegawai Disdik Kota Medan.

Selain 8 ekor hewan kurban yang disembelih di kantor Disdik, adapula seekor lembu yang diserahkan kepada Pemko Medan, selanjutnya oleh panitia diserahkan ke Medan Perjuangan untuk kegiatan kurban di kecamatan tersebut.

Lebih lanjut, Adlan mengatakan, makna yang terkandung dalam berkurban untuk dunia pendidikan,terutama pendidikan karakter.

Jika ditilik dari sejarah terjadinya kurban ini, dimana terjadi penguatan kecintaan dan ketaqwaan Nabi Ibrahim terhadap Allah SWT, yang rela menerima perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya.

“Maka, perilaku Nabi Ibrahim itu sebagai bentuk penguatan taqwa seorang hamba kepada Allah SWT yang perlu diajarkan kepada peserta didik bisa diambil dari makna berkurban ini,” kata Adlan.

Selain itu, sambung dia, kurban menjadi cerminan bahwa mengalahkan rasa ego diri, sangat perlu sehingga mau berbagi pada sesama dengan membeli hewan kurban dari harta yang mereka miliki.

“Alhamdulillah, meski suasana covod-19, jumlah pekurban meningkat dibanding tahun lalu. Artinya, nilai-nilai kepedulian terhadap sesama untuk saling berbagi semakin tumbuh di dunia pendidikan,”kata Adlan.

Kordinator Drs.H.Syahrial,MPd bersama Ketua Panitia, H.Mujiono.SE, menyebutkan ada 358 kupon kurban yang dibagikan di lingkungan Dinas Pendidikan dan warga di sekitar kantor. “Panitia berharap, kurban memberi makna sangat luas di dunia pendidikan,” kata Mujiono.(m22)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Bagikan