Waspada
Waspada » KPUM Tidak Mengalami Kerugian
Medan

KPUM Tidak Mengalami Kerugian

KPUM Medan. Ilustrasi
KPUM Medan. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Ketua Umum Koperasi Pengangkutan Umum Medan (KPUM) Drs Jabmar Siburian MM menegaskan bahwa hingga kini, KPUM  tidak mengalami kerugian. Bahkan, terus mendapat keuntungan sesuai hasil neraca gabungan pada rapat anggota tahunan (RAT) baru-baru ini.

“Sesuai hasil neraca gabungan sisa hasil usaha (SHU) 2020 Rp168 juta. Jelasnya, tidak ada kerugian yang dialami KPUM,” tegas Ketua Umum KPUM Drs Jabmar Siburian kepada Waspada, Kamis (8/4) di Wisma KPUM Jl. Sisingamangaraja Medan.

Didampingi Ketua I Mohon Diri Hasibuan dan Bendahara Ali Akram, Jabmar menambahkan, pada 2019, SHU mencapai Rp792 juta dan semua anggota KPUM pun menerima hasil keuntungan koperasi yang pernah beberapa kali meraih predikat Teladan Nasional tersebut.

Jabmar Siburian mengakui, selama pandemi Covid-19 dan gangguan BTS, berdampak pada dunia pengangkutan. Dari 2000 unit armada yang beroperasi sempat tinggal 200 unit, namun sekarang sudah merangkak naik menjadi 500 unit armada yang beroperasi sekarang ini.

“Selama pandemi Covid-19 ini saja ada beberapa usaha pengangkutan yang tidak beroperasi. Di tengah pandemi sekarang ini, armada KPUM masih tetap beroperasi,” jelas Jabmar seraya menambahkan bahwa tudingan yang menyebutkan adanya kerugian di KPUM adalah tidak benar bahkan KPUM tetap mendapat keuntungan.

Diakui Jabmar, memang ada beberapa unit usaha yang tidak berjalan namun unit-unit usaha tersebut kondisi tersebut terjadi jauh sebelum dirinya menjabat sebagai Ketua Umum KPUM.

Saat ditanya soal tudingan mempersulit pembayaran pajak kendaraan bermotor terhadap anggotanya, Jabmar menjelaskan tudingan tersebut tidak benar.

“Semua pajak kendaraan bermotor dibayar melalui iuran harian yang dikutip setiap harinya. Bila iurannya lancar dan tidak bermasalah, pengurusan pajak kendaraan tetap berjalan lancar,” jelas Jabmar.(m27)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2