Waspada
Waspada » KPU Medan Mulai Distribusikan Kotak Suara di 21 Kecamatan
Medan

KPU Medan Mulai Distribusikan Kotak Suara di 21 Kecamatan

KPU Kota Medan menyaksikan distrubusi logistik kotak suara di eks bandara Polonia Medan, Senin (7/12). Waspada/Yuni Naibaho
KPU Kota Medan menyaksikan distrubusi logistik kotak suara di eks bandara Polonia Medan, Senin (7/12). Waspada/Yuni Naibaho

MEDAN (Waspada): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mulai distribusikan kotak suara ke 21 kecamatan se Kota Medan, Senin (7/12) sebanyak 17.212 kotak suara.

Di mana masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) dialokasikan empat kotak suara yakni tiga kotak suara pemilih umum dan satu kotak suara untuk pemilih khusus serta dipastikan semua distribusi perlengkapan tersebut memenui Protokol Kesehatan (Prokes) Covid 19.

Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Damanik mengatakan, semua proses pengelolaan logistik Pilkada Serentak 2020, mulai dari produksi hingga distribusi sudah sesuai prokes pencegahan penyebaran covid 19.

“Semuanya steril dari covid 19 karena kita ada kewajiban melakukan tahapan prokes dari sebelum distribusi yakni sortir lipat kertas suara, pengecekan dan pengepakan,” ujarnya kepada wartawan, Senin (7/12) saat memantau distribusi logistik kotak suara di eks Bandara Polonia Medan.

Penerapan Prokes ini, jelasnya, memang dilakukan secara ketat ditengah oandemi covid 19. Termasuk juga bagi pekerja-pekerja dan areal lokasi gudang penyimpanan logistik.

“Kita juga kerjasama dengan pihak penyedia ekspedisi untuk menerapkan prokes baik dari proses awal barang naik truk sampai turun dari truk. Kita juga sudah koordinasi dengan pihak penyedia. Nantinya juga pekerja di penyimpanan logistik di kelurahan menerapkan prokes,” imbuhnya.

Dikesempatan ia juga berharap masyarakat pemilih tidak perlu khawatir untuk datang ke TPS, karena semua pengelolaan logistik yang dipakai dalam pemungutan suara di TPS sudah sesuai prokes.

Ditambahkan anggota Komisioner KPU Kota Medan, Nana Miranti menyatakan, distribusi kotak suara yang didistrubusikan tersebut didalamnya ada kertas formulir sebanyak jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 1.601.001 pemilih ditambah 2,5 persen, tinta dan perlengkapan TPS

“Semua keperluan di TPS kita distribusikan hari ini dan kalau cuaca tidak mendukung maka paling lama besok sudah selesai semuanya. Kotak suara itu ada di dalamnya 1 set C hasil, tinta 2 kotak per TPD, alat coblos, formulir hasil salinan 1 set, formulir daftar hadir dan lainnya” ungkap Nana.

Menurutnya, distrubusi-distrubusi itu sudah berlangsung seminggu lalu dari distribusi C-pemberitahuan, Alat Perlindungan Diri (APD) yang dibutuhkan masing-masing TPS terdiri dari sarung tangan untuk pemilih, ada sabun dan ember untuk penampung air kegunaan cuci yangan, hand sanitizer, masker, facial dan baju azmat.

“Semua perlengkapan itu dibalut plastik dan sebelum didistribusikan telah dilakukan penyemprotan disinfektan,” tutur Nana. (h01)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2