Waspada
Waspada » KPU Kota Medan Klaim KPPS Telah Dibekali Penerapan Prokes Di TPS
Medan

KPU Kota Medan Klaim KPPS Telah Dibekali Penerapan Prokes Di TPS

KOMISIONER KPU Kota Medan, Nana Miranti. KPU Kota Medan klaim KPPS telah dibekali penerapan Prokes di TPS. Waspada/Yuni Naibaho
KOMISIONER KPU Kota Medan, Nana Miranti. KPU Kota Medan klaim KPPS telah dibekali penerapan Prokes di TPS. Waspada/Yuni Naibaho

MEDAN (Waspada): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan klaim seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah dibekali penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid 19.

“Sehingga masyarakat jangan khawatir untuk datang ke TPS. Seluruh KPPS sudah kita berikan simulasi beberapa kali, Bimbingan Teknik (Bimtek) dan memberikan buku panduan sehingga KPPS dapat memahami tupoksinya masing-masing pada hari pemungutan suara,” ujar Komisioner KPU Kota Medan, Nana Miranti (foto) kepada Waspada, Senin (7/12).

Dijelaskannya, dari sisi teknis Pemungutan Suara di TPS tidak jauh berbeda dari pemilihan selanjutnya, hanya saja sekarang ada Prokes pencegahan penyebaran Covid 19.

“Kita sudah memaksimalkan sosialisasi prokes ke masyarakat dan seluruh KPPS. Serta diharapkan semua pihak terkait mulai Panitia Pengawas (Panwas) dan saksi saling bekerjasama untuk memberikan suana TPS kondusif dan sehat untuk didatangi pemilih,” katanya.

Ia juga mengingatkan lagi, agar KPPS melarang pemilih untuk masuk TPS yang tidak memakai masker, atau pakai masker atau pakai baju yang tidak sesuai regulasi karena menggambarkan salahsatu Pasangan Calon (Paslon) atau mengarah dan mengintimidasi salahsatu paslon. Pemilih bisa disuruh pulang untuk mengganti bajunya terlebih dahulu dan kalau masker bisa diberikan oleh KPPS yang memang sudah disediakan,” jelas Nana.

Meski, katanya lagi persediaan masker di TPS hanya sekitar 10 persen dari jumlah pemilih di TPS. Namun karena masker sudah menjadi bagian hidup masyatakat, maka diharapkan pemilih sudah memakai masker dari rumah untuk datang ke TPS.

Jaga Jarak Aman

Diketahui, KPU telah menyiapkan tata cara pemungutan suara di TPS ada pelaksanaan Pilkada 2020 di masa pandemi Covid-19. Di mana saat kedatangan para pemilih akan mengantri dengan menjaga jarak aman.

Kemudian, petugas ketertiban akan mengimbau pemilih untuk mencuci tangan dan menggunakan masker serta mengecek suhu tubuh pemilih.

Selanjutnya, pemilih wajib mengisi formulir C, daftar hadir-KWK, petugas KPPS memberikan sarung tangan kepada pemilih kemudian menunggu giliran dipanggil di kursi yang telah disediakan dengan tetap menjaga jarak.

Bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat selsius, maka sudah disediakan bilik suara khusus. Selain itu, KPU juga menyediakan baju hazmat di tiap TPS yang akan digunakan bagi anggota KPPS jika dibutuhkan untuk mendampingi proses pemungutan suara bagi pemilih dengan suhu tubuh tinggi. Sementara jumlah TPS  dibatasi maksimal 500 orang pemilih. (h01)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2