Waspada
Waspada » KPU Berencana Geser TPS Antisipasi Banjir
Medan

KPU Berencana Geser TPS Antisipasi Banjir

TPS. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan berencana geser sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna antisipasi banjir yang berpotensi terjadi. Ilustrasi
TPS. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan berencana geser sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna antisipasi banjir yang berpotensi terjadi. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan berencana geser sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna antisipasi banjir yang berpotensi terjadi.

Dalam kaitan ini,  Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan pemerintah setempat, yakni camat, lurah dan kepala lingkungan agar proaktif terkait langkah KPU yang berencana geser TPS guna antisipasi hujan yang berpotensi banjir tersebut.

“Sekarang sudah diancang-ancang pergeseran TPS itu. Karena kemarin yang lokasinya terkena banjir masih berlumpur, sehingga tidak kondusif untuk dijadikan TPS,” ujar Komisioner KPU Kota Medan, Nana Miranti, kepada Waspada, Senin (7/12).

Dikatakannya, dari laporan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ada beberapa kecamatan yang kemungkinan akan dilakukan pergeseran TPS-nya, yakni Medan Maimun, Medan Sunggal dan Medan Tuntungan.

“Tapi tidak di bawah 100 TPS yang akan digeser dan kalau pun digeser tidak akan terlalu jauh hanya beberapa meter dari lokasi TPS sebelumnya,” kata Nana.

Rencana pergeseran TPS tersebut lanjut Nana, akan dibahas Senin malam ini (7/12) bersama stakeholder lainnya, yakni Bawaslu, Pemko Medan, juga berkoordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Kita perlu melakukan pengkajian lagi karena mana tahu hujan sudah tidak lebat lagi,” katanya.

Untuk maksud KPU berencana geser TPS guna antisipasi banjir, kata Nana lagi, diharapkan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan pemerintah setempat yakni camat, lurah dan kepala lingkungan untuk proaktif terkait rencana tersebut.

“Tapi karena tidak terlalu jauh, jadi tidak akan membuat personalan yang terlalu rumit namun harus tetap akan diinfokan ke masyarakat,” paparnya.

Antisipasi Cuaca

Di kesempatan berbeda, Anggota Bawaslu Medan Muh Fadly, meminta KPU Kota Medan sebagai Penyelenggara Pemilu untuk mengantisipasi cuaca hujan dan dampak banjir yang dikhawatirkan membuat partisipasi masyarakat datang ke TPS akan rendah.

“Dari tabulasi kita, ada 104 lokasi TPS yang terendam karena banjir sehingga harus disikapi untuk antisipasinya. Malam ini kita rakor dengan KPU mencari alternatif pilihannya seperti apa dan berharap tidak ada banjir dihari H pemilihan,” ucapnya.

Ia juga meminta dalam masa tenang saat ini, tidak ada Pasangan Calon (Paslon) yang melakukan kampanye secara diam-diam dan di rumah-rumah ibadah.

“Masyarakat juga yang datang ke TPS tidak menggunakan alat peraga kampanye berbentuk baju dan masker salahsatu Paslon. Pengawas juga terus melakukan pemantauan semua aktivitas khususnya jajaran KPPS dengan menerapkan prokes covid 19,” pungkasnya. (h01)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2