Waspada
Waspada » Kopertais Apresiasi DPR RI Naikkan Anggaran Pesantren
Medan

Kopertais Apresiasi DPR RI Naikkan Anggaran Pesantren

SEKRETARIS Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam atau Kopertais Wilayah IX Dr Ansari Yamamah. Kopertais apresiasi DPR RI naikkan anggaran pesantren. Waspada/ist
SEKRETARIS Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam atau Kopertais Wilayah IX Dr Ansari Yamamah. Kopertais apresiasi DPR RI naikkan anggaran pesantren. Waspada/ist

MEDAN(Waspada): Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam atau Kopertais Wilayah IX apresiasi Komisi VIII DPR RI yang naikkan anggaran bantuan operasional pesantren sebagaimana disampaiikan Menteri Agama Fachrul Razi.

Kopertais memberi apresiasi kepada DPR RI yang  punya perhatian besar  naikkan anggaran pesantren  mewujudkan Indonesia emas.

Hal ini disampakan Sekretaris Kopertais, Dr Ansari Yamamah, di Medan (foto), Minggu (28/6).

“Alhamdulillah sungguh sangat wonderful perjuangan  Menteri Agama dalam upaya meningkatkan produksi kelimuan pendidikan keislaman, termasuk pesantren,” katanya.

“Kami juga mengapresiasi komisi VIII yang punya perhatian besar dan visioner Menteri Agama RI,” ujarnya.

“Termasuk beasiswa santri untuk ke perguruan tinggi yang sedang dicanangkan, tentu ini akan menjadi sangat luar biasa dalam membantu anak yang berprestasi menggapai cita-cita mereka,” ucapnya.

Kata dia,  kalau boleh disarankan,  kiranya beasiswa tersebut lebih difokuskan kepada anak-anak yang mau melanjutkan ke Fakultas  Eksakta, Sains dan Teknologi.

Karena hari ini yang sangat minim adalah lahirnya para ahli sains dan teknologi dari kalangan pesantren atau dari MAN, MAS atau latar belakang keagamaan.

“Ini sangat perlu mengingat agama itu sendiri banyak sekali berbicara tentang sains dan teknologi sebagai sebuah syarat mutlak untuk membangun peradaban,” ujarnya.

“ Termasuk menuju Indonesia emas atau pun Indonesia Tangguh di 2045,”katanya.

Kompetisi Global

Ditambahkannya, satu abad usia Indonesia, maka kita harus sudah mampu berkompetisi global berbasis sains dan teknologi.

Tidak ada negara yang besar di muka bumi ini, kecuali mereka menguasai sains dan teknologi.

“Lulusan pesantren dan Aliyah sesungguhnya memiliki kemampuan yang sangat kompetitif untuk merebut bidang ini.

Namun kepentingan sains dan teknologi ini belum maksimal digerakkan di pesantren dan yang sejenis

Para guru juga merubah paradigma, bahwa belajar di madrasah bukan untuk melahirkan ulama (ulul ilmi) saja, tetapi sekaligus melahirkan para penemu, pencipta dan lainnya (ulul albab).

“Itulah salah satu inti ajaran Mazhab Islam Transitif , yang hari ini sedang saya gelorakan,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Menag Fachrul Razi mengungkapkan, Komisi VIII DPR telah menyetujui kenaikkan anggaran Bantuan Operasional Pesantren (BOP) untuk tahun 2021.

Persetujuan itu disampaikan Komisi VIII DPR dalam rapat kerja bersama Kementerian Agama (Kemenag).

Dalam rapat itu, Menag menegaskan komitmen instansinya memberikan perhatian kepada keberlangsungan dan kemajuan pendidikan agama dan keagamaan.

Kepedulian itu antaralain tercermin dalam kebijakan alokasi anggaran.(m22)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2