Waspada
Waspada » Komisi Kominfo MUI Sumut Gelar Rakor
Medan

Komisi Kominfo MUI Sumut Gelar Rakor

PEMBICARA Shohibul Anshor Siregar saat memaparkan materi terkait peluang dan tantangan Komisi Informasi MUI Sumut. Komisi Informasi MUI Sumut gelar rakor. Waspada/Anum Siska
PEMBICARA Shohibul Anshor Siregar saat memaparkan materi terkait peluang dan tantangan Komisi Informasi MUI Sumut. Komisi Informasi MUI Sumut gelar rakor. Waspada/Anum Siska

MEDAN (Waspada): Informasi dan komunikasi secara digital sangat menjanjikan di masa covid. Karenanya, sangat perlu memperkuat SDM handal bidang digital masa pandemi Covid-19, karena banyak yang bisa disampaikan melalui dunia maya. Untuk itu, Komisi Kominfo MUI Sumut gelar rapat kordinasi (rakor) bersama seluruh perwakilan kabupaten/kota.

Hal itu disampaikan Dr Asren Nasution, selaku Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia Sumut, Selasa (10/11) pada acara tersebut.

Hadir saat pembukaan kegiatan Ketua MUI Sumut Prof Dr Abdullah Syah MA serta undangan lainnya.

Lebih lanjut Asren menyampaikan masa covid ini peluang informasi dan komunikasi sangat menjanjikan, karena berbagai kegiatan banyak dilangsungkan di dunia maya.

Karenanya, Komisi informasi ini sangat perlu dikembangkan dan menyiapkan SDM yang kompeten dalam pengelolaannya.

“Memang saat ini sudah ada homepage MUI SU dan tayangan langsung untuk berbagai kegiatan di MUI disiarkan ke youtube, sehingga kegiatan MUI SU dapat disaksikan hingga belahan dunia manapun.

Maka dalam kegiatan ini saya berharap peserta dari kabupaten/kota dapat menyampaikan berbagai aspirasi agar rencana kerja komisi ini bisa lebih diandalkan, terutama pemanfaatan teknologi untuk berdakwah,” kata Asren bersama Ketua panitia kegiatan, Dr Sakhira Zandi.

Apresiasi

Sebelumnya, Ketua Umum DP MUI Sumut, Prof Abdullah Syah MA menyampaikan apresiasi dan dukungannya dengan kegiatan ini.

Adapan harapan Komisi Kominfo MUI Sumut gelar rakor ini adalah terjalinnya kerjasama tokoh agama dalam penguatan kompetensi umat dalam mengelola informasi yang berkembang sangat pesat.

Dalam kesempatan itu, Prof Abdullah Syah juga menyampaikan program strategis MUI untuk mempererat hubungan dan kerjasama dengan ulama di luar negeri, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Pembicara, Shohibul Anshor Siregar, dalam paparannya tentang peluang dan tantangan komisi infokom MUISU, masa pandemi covid-19 menyebutkan sangat perlu kordinasi yang kuat di era digital ini.

Terlebih, MUI Kabupaten/Kota belum sepenuhnya memiliki perangkat untuk informasi secara digital.

“Maka sangat perlu kordinasi antara Komisi Infokom MUISU dengan daerah, apa yang bisa diinformasikan tentang program ataupun kegiatan mereka. Kan tidak semua kabupaten/kota punya perangkat digital. Maka, bisa dipusatkan di sini,” katanya.

Begitupun, sambung dia,MUI Kabupaten/Kota tetap menjadi corong komunikasi untuk masyarakat secara manual.

Hadir ke kediaman masyarakat, mengimbau dan mengajak untuk membaca Alquran dan memahami maknanya serta merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Inikan sistem komunikasi langsung yang sangat efektif,”paparnya. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2