Waspada
Waspada » Komisi A DPRD Sumut Minta Lakukan Pendaftaran Ulang Calon KIP
Medan

Komisi A DPRD Sumut Minta Lakukan Pendaftaran Ulang Calon KIP

KETUA Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto. Komisi A DPRD Sumatra Utara (Sumut) meminta Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumut melakukan pendaftaran ulang bagi calon Komisioner Informasi Publik (KIP) Sumut. Waspada/Partono Budy
KETUA Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto. Komisi A DPRD Sumatra Utara (Sumut) meminta Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumut melakukan pendaftaran ulang bagi calon Komisioner Informasi Publik (KIP) Sumut. Waspada/Partono Budy

MEDAN (Waspada): Komisi A DPRD Sumatra Utara (Sumut) meminta Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumut melakukan pendaftaran ulang bagi calon Komisioner Informasi Publik (KIP) Sumut. Pasalnya, proses perekrutan calon KIP yang sebelumnya, tidak sesuai dengan Peraturan Komisi No 4 Tahun 2016.

“Pada rapat dengar pendapat 24 Mei lalu, kami Komisi A sudah menyampaikan kepada Kepala Dinas Kominfo Sumut agar melakukan proses pemilihan calon komisioner informasi publik berdasarkan Peraturan Komisi No 4 tahun 2016. Karena itu, Komisi A meminta agar Kominfo tidak melanjutkan proses perekrutan sebelum tim seleksi ditandatangani gubernur,” kata Ketua Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto (foto), Kamis (10/6/2021).

Dijelaskan Hendro menanggapi hasil rapat dengar pendapat itu, sorenya tim seleksi itu pun kemudian ditandatangani gubernur. Selanjutnya, Komisi A kembali melakukan rapat dengar pendapat dengan tim seleksi bersama Kominfo pada 31 Mei 2021.

“Dalam rapat dengar pendapat itu, Komisi A kembali menegaskan agar proses pendaftaran diulang agar sesuai dengan Peraturan Komisi No 4 Tahun 2016. Dengan kata lain, proses pendaftaran sebelumnya oleh panitia seleksi

lalu tidak berlaku lagi. Kami juga menekankan agar tim seleksi independen, profesional dan akuntanbel,” tegas Hendro.

Pengumuman Resmi

Politisi PKS ini menambahkan, tim seleksi diharapkan bekerja maksimal dalam kurun waktu 3 bulan dan sudah harus selesai Agustus.

Sedangkan untuk para calon yang sudah mendaftar sebelumnya, diharapkan membaca pengumuman resmi yang dikeluarkan tim seleksi dan melengkapi dokumen saja, karena ada persyaratan umum dan khusus.

“Nantinya nama-nama calon komisioner akan dipublis untuk mendapatkan kritik dan saran dari berbagai lapisan masyarakat sebelum kemudian dipilih,” tandas Hendro legislator dari daerah pemilihan Sumut 12 ini.

Melengkapi informasi, proses perekrutan calon KIP ini disoroti publik karena panitia seleksi (dalam hal ini Kominfo) melakukan proses perekrutan calon, di mana saat itu tim seleksi belum ditetapkan. Adapun masa kerja anggota KIP sebelumnya sudah berakhir pada 14 April 2021 lalu. (cpb)

 

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2