KKN UINSU Berhasil Terbitkan 98 Artikel Reputasi SINTA

KKN UINSU Berhasil Terbitkan 98 Artikel Reputasi SINTA

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). telah melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) tahun 2021 Dari Rumah dan Terukur dengan tema “ Kembali ke desa, bermanfaat untuk desa berbasis wahdatul Ulum dan moderasi beragama.

Kegiatan KKN tersebut berlangsung 10 Juli sampai 10 Agustus 2021 dengan jumlah peserta 6407 orang mahasiswa yang digabung dalam 218 kelompok di seluruh wilayah di Sumatera Utara, Aceh, Riau, Pekanbaru dan Sumatera Barat. Ada juga 2 mahasiswa yang tergabung ikut berkontribusi dari UIN Surabaya.
Dikatakan, Ketua LP2M UIN Sumatera Utara Dr. Hasan Sazali MA, kepada Waspada, Jumat (17/9), dari kuliah kerja nyata terukur ini panitia menetapkan pola pelaporan yang konkrit, yakni, Logbook berdasarkan hasil kinerja mereka, artikel ilmiah yang akan diterbitkan pada jurnal yang bereputasi Sinta.

                                             

Kemudian artikel moderasi beragama yang nantinya akan diterbitkan dan berkontribusi untuk menjadi sumbang saran untuk Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara tentang Peta moderasi beragama di Sumatera Utara. Video dokumenter inspiratif yang ditayangkan pada kanal YouTube LP2M UIN Sumatera Utara.
“KKN UIN Sumatera Utara tahun 2021 ini berhasil menerbitkan artikel ilmiah pada jurnal jurnal bereputasi Sinta, baik Sinta 3, 4, 5 dan 6. yang dibuktikan dengan telah terbitnya 98 LOA dan beberapa jurnal telah terbit pada tahun ini. di samping sisa dari jumlah kelompok menyusul penerbitannya,” kata Hasan Sazali.

Ia juga mengucapkan rasa syukur, sebab target dari kuliah kerja nyata ini selain dari bermanfaat bagi masyarakat desa memberi kontribusi pada ruang moderasi beragama, memberi penguatan Wahdatul Ulum yang menjdi konsen UIN Sumatera Utara.

“Ke depan, kuliah kerja nyata UIN Sumatera Utara akan terus melakukan perkembangan dan pengawasan serta melakukan konsentrasi pada pengembangan kampus berbasis keindonesiaan,” ucapnya.
Panitia KKN UIN Sumatera Utara, ungkapnya mengucapkan terima kasih kepada Rektor UIN Sumatera Utara, Prof. Dr. Syahrin Harahap, MA dan wakil-wakil rektor UINSU yang telah memberi nasehat, inspirasi, kepercayaan dan keluasan kepada panitia untuk bereksplorasi melakukan yang terbaik berbasis manfaat pada KKN UIN Sumatera Utara itu.

“Hasil dari KKN ini sebagai bagian dari pengabdian mahasiswa berkolaborasi dengan dosen UIN Sumatera Utara sebagai dosen pembimbing lapangan akan terus memberi kontribusi baik secara akademik maupun manfaat di tengah masyarakat,” harapnya.

Pada saat KKN berlangsung Rektor UIN Sumatera Utara Prof Dr Syahrin Harahap MA juga telah melantik seluruh peserta KKN UIN Sumatera Utara sebagai kader Washatiyyatul Islam. (h01)

  • Bagikan