Waspada
Waspada » Ketua DPRDSU: Jangan Ada Permainan Tender Proyek APBD 2020
Medan

Ketua DPRDSU: Jangan Ada Permainan Tender Proyek APBD 2020

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting. Waspada/Rustam
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting. Waspada/Rustam

“Kita berharap proses tender proyek khususnya belanja langsung bulan Maret ini selesai agar serapan anggaran pada tahun bisa lebih maksimal,” ujar Baskami Ginting, Kamis (9/1).

Politisi PDIP ini menyebutkan, semuanya harus bisa serba cepat apalagi sejumlah tender proyek belanja tidak langsung sudah bisa dibuka dan dapat dilihat melalui laman LPSE Sumut, maka untuk tender proyek ini, diharapkan paling lambat di awal Februari 2020 sudah dibuka dan dapat mulai dikerjakan Maret.

Disinggung soal waktu proses tender, kemudian pengumuman pemenang sampai pelaksanaan yang hanya berjangka satu bulan, menurut Baskami, hal itu tidak menjadi persoalan sebab pada dasarnya para calon peserta tender sudah siap. “Selama ini calon peserta tender sudah siap mengajukan proposal. Jadi tidak ada masalah, sebab dalam pelaksanaan proses tender ini bukan mau main-main,” katanya.

Namun demikian, Baskami juga meminta kepada penegak hukum terutama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut mengawal proses tender tersebut agar bersih dari segala permainan maupun intervensi serta tidak ada rekanan “anak tiri anak kandung”.

“Kita juga minta kepada gubernur untuk terus memicu semua OPD-nya dalam menerapkan kinerja yang bersih. Jika ada yang tidak mampu menjalankan visi misi Sumut Bermartabat harus dievaluasi atau dicari penyebabnya,” sebutnya.

Baskami tetap menekankan agar proses tender secepatnya dibuka untuk proyek pembangunan khususnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti pembangunan infrastruktur. Jangan ada lagi penundaan hanya untuk memenangkan rekanan peliharaan.

“Jika proses tender masih molor maka komitmen OPD untuk membangun Sumut perlu dipertanyakan. Dalam hal ini gubernur harus mengganti pimpinn OPD tersebut sambil mengawasinya secara ketat,” pungkas Baskami.(h03).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2