Waspada
Waspada » Ketua DPD KNPI Sumut Ajak Pemuda Dukung Program 5M Cegah Covid-19
Medan

Ketua DPD KNPI Sumut Ajak Pemuda Dukung Program 5M Cegah Covid-19

Ketua DPD KNPI Sumatera Utara, El Adrian Shah SE saat menyerahkan bantuan. Waspada/ist
Ketua DPD KNPI Sumatera Utara, El Adrian Shah SE saat menyerahkan bantuan. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Hampir satu tahun merebaknya pandemi Covid-19 di tanah air, masih belum menunjukkan tanda-tanda melandainya jumlah orang terpapar, khususnya di Sumatera.

Guna mencegah penularan Covid-19, Pemerintah menerapkan protokol kesehatan melalui program 3M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak. Protokol Kesehatan ini diharapkan bisa mencegah penularan Covid-19 lebih luas lagi sehingga pandemi bisa berakhir.
Namun, sejak pemerintah menerapkan kehidupan Normal Baru atau ‘New Normal’ sejak bulan Juli lalu, aktivitas masyarakat sudah mulai aktif lagi meskipun dengan pembatasan-pembatasan tertentu.
Namun demikian, penerapan New Normal dengan melaksanakan Protokol Kesehatan tidak cukup untuk menahan laju kenaikan orang terpapar Covid-19. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menerapkan Program 5M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilisasi.
Penerapan Program 5M tersebut mendapat respon positif dari Ketua DPD KNPI Sumatera Utara, El Adrian Shah SE. Dukungan terhadap program 5M disampaikan El pada kegiatan Silaturahmi bersama OKP yang bernaung di bawah DPD KNPI Sumatera Utara.
Yaitu Garuda KPPRI Sumut, Bakorda Fokusmaker Sumut, GM Gakari Sumut, AMII Sumut di Kopi Gunung Jl. Ringroad pada 5 Februari 2021 lali.
El mengatakan, bahwa Covid-19 sampai hari ini belum menunjukkan tanda-tanda akan melandai, dan kita pun tidak tahu akan berakhir. Oleh karena itu, sejak New Normal diberlakukan maka masyarakat diperbolehkan beraktivitas meski dengan menerapkan protokol kesehatan.
“Saya sebagai Ketua DPD KNPI Sumatera Utara bersama elemen pemuda di Sumatera Utara sangat mendukung implementasi Program 5M dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilisasi,”katanya.

Patuhi Protokol Kesehatan

El mengajak masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya. Kemudian menjaga diri dan keluarga serta orang – orang yang kita sayangi agar terhindar dari Covid-19.
“Saya mengajak kepada seluruh elemen Pemuda untuk membantu pemerintah mensosialisasikan gerakan 5M ini kepada seluruh masyarakat,” ujar El.
Dalam dialog yang berlangsung santai dan ringan tersebut hadir sejumlah pengurus DPD KNPI Sumatera Utara seperti Syaiful Amri, Mahmudin Hamzah Sinaga, Suwardi dan Saut Sagala.
Sedangkan dari OKP hadir Hasnan Said (Ketua AMII Sumut), Janun Kesuma (Wakil Ketua GM Gakari Sumut), Muh. Yamin Daulay, SE (Ketua Bakorda Fokus Maker Sumut), Budi Nasution (Sekretaris Garuda KPPRI Sumut) beserta sejumlah pengurus dari masing – masing OKP.
Ketika ditanya awak media, sejauh mana implementasi dukungan pemuda dalam penerapan prokes di KNPI dan Organisasi Pemuda, El mengatakan bahwa DPD KNPI Sumatera Utara dari sejak awal berkomitmen kuat mendukung dan mensosialisasikan prokes yang telah ditetapkan pemerintah.
“Dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan baik oleh DPD KNPI Sumatera Utara, DPD KNPI Kabupaten/Kota dan DPK Kecamatan wajib menjalankan protokol kesehatan, jika tidak maka kami tidak akan izinkan,”  ucap El.
El juga menambahkan bahwa pemuda harus menjadi contoh dalam menerapkan protokol kesehatan ini. Jangan sampai elemen pemuda memberikan contoh yang tidak baik. Covid-19 ini masalah bersama bukan hanya pemerintah. Kita tahu pemerintah sudah berjuang agar pandemi berakhir, namun masyarakat juga harus ikut membantu pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan, Ujar El.
Sementara itu,  Ketua AMII Sumut Hasnan Said, mengapresiasi langkah – langkah yang dilakukan oleh DPD KNPI Sumut.
“Saya sangat berterima kasih atas terselenggarannya pertemuan ini sehingga bisa bersilaturahmi dengan Ketua EL. Kami menyambut positif terhadap langkah – langkah Ketua El yang berkomitmen untuk mengkampanyekan kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi ini. Kami berharap Pemerintah Provinsi Sumatera bersinergi dengan Pemuda dalam menghadapi pandemi ini,” ujarnya.

Program Dukung Pandemi

Muh Yamin Daulay, SE selaku Ketua Bakorda Fokusmaker Sumut mengatakan bahwa perlu ada program – program yang digagas pemuda dalam menghadapi pandemi.
Jika langkah – langkah penanganan secara kesehatan sudah sangat maksimal perlu ada langkah – langkah secara ekonomi buat masyarakat yang terdampak, terutama bagi keluarga yang sangat bergantung pada penghasilan harian.
“Ke depan, perlu dibentuk lembaga teknis yang berfungsi untuk merespon situasi terkini khususnya situasi bencana baik disebabkan alam maupun non alam,” ujarnya.
Terhadap usulan tersebut,  Ketua DPD KNPI Sumut El Adriansah SE mengucapkan terima kasih dan nanti akan kita dirumuskan dengan pengurus DPD KNPI.
“Terima kasih atas masukan dan usulannya. Hal ini akan menjadi kajian kita bersama nantinya,” pungkas El. Pada kesempatan itu, El menyerahkan bantuan masker kepada seluruh OKP yang hadir yang merupakan kerjasama dengan BPPD Provinsi Sumatera Utara. (m15).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2